Permudah Pelajari Sejarah, Kambang Putih Ditata Secara Kronologis

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Tata letak benda koleksi Museum Kambang Putih Tuban dilakukan secara kronologis atau berdasarkan jaman benda tersebut dibuat.

Seperti diketahui, pada umumnya penataan koleksi di museum terdapat dua, yakni secara kronologis dan secara tematik. Namun dengan alasan tertentu, penataan koleksi di museum milik Daerah Tuban sesuai urutan waktu atau kejadian.

"Kalau kita (pengelola museum) lebih ke kronologis, mengingat koleksi mungkin kurang memenuhi untuk tematik. Selain itu untuk memudahkan anak sekolah dari playgrup hingga SMA untuk belajar peninggalan sejarah," kata Kepala Bimbingan Edukatif Museum Kambang Putih, Rony Firman Firdaus kepada blokTuban.com.

Sementara secara tematik berkaitan dengan tujuh unsur kebudayaan. Semisal pada sistem religi, di situ ada alat-alat upacara keagamaan, dari jaman apapun menjadi satu.

Sesuai urutan kronologis, lanjut Rony, ada jaman Prasejarah sebelum ada tulisan, kemudian masuk jaman Hindu-Budha, disusul jaman kalsik, islam baru kolonial.

"Dapat dilihat koleksi benda pada jaman Prasejarah terletak di depan pada bangunan museum," ujar Rony menambahkan. [dwi/rom]