Seekor Buaya Gegerkan Warga Muruni, Jatirogo

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Warga di Dusun Muruni, Desa Sidomulyo, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, dihebohkan dengan adanya buaya yang ditemukan di kali kening, Jumat (24/6/2016).

Sebab, warga di desa tersebut resah dengan berita kedatangan buaya. Diketahui sebelumnya sempat terjadi banjir bandang disebabkan luapan kali kening di desa setempat.

"Setelah ada berita adanya buaya di kali, kami berusaha mencari agar warga tidak resah," kata Darko, penangkap buaya tersebut. Sabtu (24/6/2016).

Sebelumnya buaya muncul pada hari Minggu (19/6/2016) sekitar pukul 23.30 WIB. Namun belum bisa ditangkap, sehingga warga terus berusaha memburunya.

"Saat saya (nyuloh) mencari tokek, melihat buaya muncul di Kali Kening dekat rumah saya," imbuh bapak satu anak ini.

Lanjut Darko, bersama enam warga lain memutuskan untuk menyusuri di sepanjang bantaran Kali Kening desa setempat. Alkhasil, usahanya tidak sia-sia buaya yang panjangnya 180 CM tersebut bisa ditangkap Jum'at (23/6/2016) siang.

"Dengan alat seadanya bersama warga, hari Jum'at kemarin sekitar pukul 14.00 WIB buaya bisa tertangkap," ujar Dikun (40), warga yang juga ikut menangkap.

Saat ini, buaya tersebut menjadi tontonan warga. Buaya dalam keadaan diikat dingan rantai, kaki dan mulutnya juga ditali.[rof/ito]