Festival Tongklek Selesai Pukul 03.00 WIB

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Festival tongklek yang dilaksanakan Jumat (24/6/2016) pukul 22.00 WIB baru selesai Sabtu pukul 03.00 WIB. Dari pantauan di lapangan, peserta tongklek berjalan secara mendayu diikuti oleh peserta lainnya secara berurutan.

Adapun rute yang dilewati adalah Jalan Veteran menuju ke Jalan Basuki Rahmat hingga sampai ke perempatan Pramuka dan selanjutnya menuju Jalan Diponegoro tempat titik finish yaitu Kantor Nadhlatul Ulama (NU).

Berdasarkan keterangan dari Ketua PC Ikatan Pemuda Nadhlatul Ulama (IPNU) Ahmad Nur Falahuddin Ubaidillah, peserta atau grup yang mengikuti festival tongklek ada sebanyak 50 kelompok. Maka tak heran jika acara berakhir hingga pukul 03.00 WIB. Tongklek sendiri mempunyai gaya ciri khas dalam berjalan, yaitu melambai seiring dengan alunan musik yang dimainkan.

"Jadi memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa selesai hingga ke finish," ujar pria yang akrab disapa Udin itu.

Lebih lanjut Udin menjelaskan, meskipun lama namun festival tongklek berjalan lancar sesuai dengan harapan bersama. Tongklek juga berhasil menghibur masyarakat Tuban, hal itu bisa dilihat dari antusisame warga yang hadir untuk menyaksikan acara yang digelar PC IPNU setiap tahunnya ini.

"Terimakasih untuk semuanya, baik dari peserta yang sudah berkenan mengikuti festival, masyrakat yanng sudah ikut menyaksikan hingga larut pagi," pungkasnya. [nok/col]