Berikut Faktor Penyebab Perlakuan Salah Terhadap Anak

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Perlindungan anak merupakan kegiatan menjamin dan melindungi anak. Namun, ada beberapa faktor yang menyebabkan perlakuan salah terhadap anak.

Terdapat empat faktor penyebab terjadinya perlakuan salah pada anak. Perlakuan salah tersebut berasal dari masyarakat, komunitas, hubungan atau kekerabatan dan individu.

Pada masyarakat, sejauh ini menurut Anggota Lembaga Perlindungan Anak Jawa Timur, Winny Isnaini disebabkan kurangnya undang-undang yang memadai. Sementara itu, di tengah komunitas minimnya tolerasi terhadap kekerasan, gender dan kesenjangan sosial.

"Saat ini menjadi renungan dunia tentang situasi kerawanan kekerasan terhadap perempuan dan anak," kata Winny pada sosialisasi Pengarusutamaan Hak Anak (PUHA) di Tuban.

Faktor lainnya, terkait hubungan atau kekerabatan sebab kurangnya ikatan antara orang tua dan anak. Salah satunya akibat lemahnya dukungan pengasuhan anak dari keluarga besar.

Dari faktor individu, kata Winny merupakan cerminan orang tua di masa kanak-kanak dulu. Orang tua yang mendapatkan perlakuan salah ketika usia muda atau bahkan pernah terlibat penyalahgunaan obat-obatan dan alkohol.[dwi/ito]