Petilasan Gembol dan Para Peziarah

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Petilasan Gembol yang merupakan sebuah tempat perkumpulan para wali songo diyakini masyarakat mempunyai energi yang positif, hal itu disampaikan oleh juru kunci petilasan yang berada di Dusun Gembol, Desa Jadi, Keamatan Semanding, Samidin.

Dia mengatakan, tempat petilasan bukanlah tempat yang sembarangan, jika berdasarkan sejarahnya, tempat tersebut sangat bernilai sekali karena digunakan wali songo untuk bermusyawarah dalam menyebarkan islam. Bahkan, tempat ini banyak dikunjungi oleh warga untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT.

"Banyak peziarah yang datang, tak hanya dari lokal saja, tapi juga ada yang dari luar daerah setempat," ujar Samidin kepada blokTuban.com.

Dia juga menuturkan, untuk peziarah yang datang juga ada yang dari luar negeri, seperti Malaysia dan juga Jepang. Namun banyak yang tidak mengetahui tempat ini, karena tidak begitu familiar layaknya para makam wali yang lainnya. Lanjut Samidin menambahkan, di petilasan ini juga terdapat hari tertentu, yang mana digunakan sebagai peringatan atau haul, yaitu pada Jumat wage, legi, dan kliwon di bulan suro.

"Haulnya sama dengan makam Sunan Bonang Tuban, namun memang tempat ini tidak sefamiliar Makam Mbah Bonang," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Jadi, Munir, menyatakan hal senada, bahwa tempat tersebut adalah perkumpulan para wali songo yang digunakan untuk menyebarkan ajaran islam, petilasan itu juga diyakini masyarakat sebagai tempat yang sangat sakral berdasarkan sejarah yang ada.

"Masyarakat juga banyak yang datang untuk memanjatkan doa, karena mereka yakin bahwa tempat ini merupakan tempat yang mempunyai daya positif dari Allah SWT," pungkasnya.

Untuk mencapai tempat tersebut memerlukan rute yang cukup sulit, jika dimulai dari titik kota maka rute awalnya Bundaran patung jenderal sudirman, selanjutnya mengikuti arah barat, hingga sampai ke perempatan Gemulung Merakurak. Begitu sampai perempatan tersebut, maka bisa belok kiri atau ambil arah selatan, hingga bertemu pertigaan arah Banyulangsih. Selanjutnya, bisa belok kanan atau arah selatan, hingga terus mencapai jalan yang menanjak, begitu anda sampai di jalan menanjak tersebut, maka terus lakukan perjalanan hingga sampai pada sebuah jalan yang menurun terjal dengan sebuah pagar jalan di sampingnya. Jika sudah sampai di jalan tersebut, maka itu tandanya sudah dekat dengan petilasan wali songo. Selanjutnya anda akan menemukan sebuah mushola, di sebelah utara mushola lah tempat itu berada, yang dibalut dengan kain putih yang mengelilingi. [nok/rom]