Jelang Ramadhan, Pemkab Diminta Operasi Pasar Setiap Kecamatan

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban diminta melakukan antisipasi lonjakan harga pangan kebutuhan masyarakat, menjelang masuknya bulan suci Ramadhan. Biasanya, harga kebutuhan pokok melambung, karena momen tersebut dibarengi dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat.

Permintaan ini datang dari Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban, kepada Dinas Perekonomian dan Pariwisata dan juga Badan Urusan Logistik (Bulog). "Langkah antisipasi lonjakan harga harus dilakukan sejak jauh hari," kata Ketua Komisi B DPRD, Karjo, Jumat (20/5/2016).

Kenaikan harga selalu terjadi ketika bulan Ramadhan. Untuk itulah, pengendalian harga harus dilakukan pemerintah. Salah satu caranya, adalah dengan menggelar operasi pasar. Yakni, pemerintan menjual kebutuhan pokok di pasar-pasar tradisional untuk menstabilkan harga.

Politikus PDI Perjuangan tersebut meminta, operasi pasar tidak hanya dilakukan di pusat kota Tuban. Tetapi juga harus menyasar pasar-pasar tradisional di semua kecamatan yang ada di Tuban. Supaya langkah itu bisa dinikmati semua kalangan, juga semua lapisan masyarakat.

"Karena warga miskin tidak hanya di kota, sehingga operasi pasar perlu dilakukan ditiap kecamatan atau bahkan juga sampai ke pelosok pedesaan," tandas Karjo. [pur/rom]