Mulai Oktober, Terminal Tuban Akan Diambil Alih Pusat
 
Reporter: Edy Purnomo
 
blokTuban.com - Terminal Kambang Putih, yang berada di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, akan diambil alih pemerintah pusat. 
 
Diketahui, terminal kini nyaris kosong tak terurus. Terminal dibangun menghabiskan anggaran sekitar Rp30,5 miliar, dengan rincian Rp8,6 miliar didanai investor lokal dan sisanya menggunakan APBD Tuban. Diresmikan di era kepemimpinan Bupati Haeny Relawati dengan dihadiri Wapres Jusuf Kalla di era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono pada 2006 silam.
 
"Pengelolaan terminal ini akan segera diambil alih pemerintah pusat," jelas Wakil Bupati (Wabup) Tuban, Noor Nahar Hussein, kepada blokTuban.com, Selasa (05/4/2016).
 
Wabup menjelaskan, rencana pengambilalihan diperkirakan mulai bulan Oktober 2016 mendatang. Diketahui, terminal type A diminta pusat sesuai dengan Undang-undang 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.
 
"Undang-undang ini mengatur beberapa kewenangan daerah yang ditarik pusat. Selain sektor tambang juga terminal type A," jelas Noor Nahar.
 
Mantan ketua Kadin Tuban itu menjelaskan, saat ini Pemkab Tuban dengan pemerintah pusat masih menjalin komunikasi. Mengenai teknis pengelolaan terminal di pinggir laut itu kedepan. Termasuk, apa yang akan didapat Pemkab Tuban ketika terminal tersebut kembali dikelola.
 
"Bagaimanapun juga aset kita akan berkurang, sehingga kompensasi apa yang akan diberikan untuk Pemkab," tandasnya. [pur/ito]