Jambu Citra, Calon Komoditas Andalan Desa Tasikmadu

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Setelah sukses dengan komoditas belimbing Madu, petani di Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, tengah merintis komoditas baru yang bisa jadi akan menjadi andalan agrobisnis baru desa ini. Tanaman baru ini bernama jambu Citra. Informasi yang didapat blokTuban.com, jambu ini adalah jenis jambu air. Hanya saja, buahnya mempunyai ukuran lebih besar dan lonjong dibanding ukuran jambu air biasa.

Salah satu petani Desa Tasikmadu yang sudah mulai membudidayakan jambu ini adalah Yasin (50). Pria inilah yang menemukan varietas belimbing madu dan sudah dipatenkan Kementerian Pertanian pada tahun 2009 lalu.

"Sudah pernah berbuah jambu citra ini, hasil buahnya besar dengan rasa lebih manis dibandingkan jambu lain," jelas Yasin, ketika ditemui di kebunnya.

Yasin menerangkan, bibit jambu citra dia peroleh dari kawasan Bogor. Awalnya, dia sempat sangsi apakah tanaman ini cocok dengan tanah Desa Tasikmadu, tempat dia membudidayakan belimbing madu.

"Ternyata sangat cocok dan hasilnya bahkan sangat manis, rencana ini akan kami kembangkan," kata lulusan SMA Negeri 1 Tuban tahun 1986 ini.

Kepala Desa (Kades) Tasikmadu, Puji Prajoko, mendukung penuh yang dilakukan warganya. Dia berharap, jambu citra bisa berkembang dan bisa terkenal seperti halnya belimbing madu. "Semoga bisa membawa manfaat bagi petani desa kami," jelasnya. [pur/ito]