Pengguna Listrik Bersubsidi Belum Semua untuk RTM

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Penggunaa listrik bersubsidi di Tuban ternyata belum tepat sasaran. Listrik yang semestinya diperuntukkan kalangan Rumah Tangga Miskin (RTM) akan tetapi di lapangan masih banyak yang belum memanfaatkan listrik bersubsidi.

Seperti diberitakan sebelumnya, jumlah pengguna listrik bersubsidi di Tuban mencapai sekitar 155.000 pelanggan. Sedangkan ketentuan listrik bersubsidi yakni listrik bertegangan 450 Volt Are (VA) dan 900 VA. Padahal, jumlah rumah tangga miskin (RTM) jauh di atas itu.

Staf Divisi Niaga PLN Tuban, Djoko Prajitno mengungkapkan, Basis Data Terpadu yang dikelola oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) menyebutkan RTM Tuban dengan pengguna listrik bersubsidi belum sebanding, karena di Tuban ada 6.000 RTM.

Dari data tersebut diketahui selisih terpaut jauh antara RTM dengan pengguna listrik. "Memang penggunaan listrik bersubsidi di Tuban belum sesuai," tandas Djoko kepada blokTuban.com.

Untuk mengatasai perselisihan jumlah tersebut pihak PLN belum bisa melakukan tidakan apapun. Lantaran penggunaan listrik kian hari kian bertambah. Tidak terkecuali di Tuban dan pemegang keputusan ada di tangan pemerintah Kabupaten.[dwi/fah]