Lahan Tanam Jagung di Tuban Bertambah Jadi 90.000 Ha

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Lahan tanam jagung di Tuban pada tahun ini bertambah. Tidak tanggung-tanggung, peningkatan lahan sawah dan ladang untuk tanaman jagung mencapai 90.000 hektare.

Dibanding sebelumnya, lahan tanam jagung mencapai 80.000 hektare. Upaya Pemerintah Kabupaten Tuban dalam mengukuhkan diri sebagai perodusen komoditas jagubg momor satu di Jawa Timur tidak tanggung-tanggung. Terbukti bertambahnya lahan tanam jagung menjadi kurang lebih 90.000 hektare di tahun ini.

"Baru satu kabupaten peningkatan lahan tanam jagung mencapai 10.000 hektare. Melihat semangat petani Tuban khususnya Kecamatan Grabagan menanam jagung, pemerintah akan memberi 24.000 benih jagung gratis," kata Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, saat berkunjung ke kecamatan yang dikenal dengan Seribu Tower.

Sementara itu, selama tiga tahun ini benih jagung yang ditanam disuplai dari PT Bisi. Jagung yang dipanen saat ini merupakan jenis Bisi 18 dengan ciri memiliki batang pohon tegak.

"Produk Bisi 18 ini dipilih lantaran sudah teruji dan memiliki kelebihan tahan terhadap penyakit bulai atau penyakit putih. Sedangkan tongkol seragam dengan umur relatif pendek yaitu 100 sampai105 hari bisa dipanen," kata Market Development PT Bisi, Endang Syachroni.

Menjadi salah satu komoditas unggulan Tuban, jagung masih menjadi primadona di tengah petani. Di dataran tinggi, seperti di Kecamatan Grabagan dan sekitarnya, saat ini sejauh mata memandang, akan dijumpai tanaman jagung dari yang masih nampak hijau segar hingga kuning kering yang sudah siap panen.[dwi/ito]