Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Sebanyak 153 hand traktor yang sedianya diserahkan ke kelompok tani di Tuban, masih tersimpan di Kantor Dinas Pertanian dan Peternakan, Jalan Mastrip, Tuban. Traktor ini, merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian. Diperuntukkan untuk kelompok tani yang ada di Bumi Wali.

Kepala Bagian Humas dan Media Pemkab Tuban, Teguh Setyobudi, menjelaskan hand traktor belum bisa diserahkan ke petani sekarang. Sebabnya, belum ada serah terima resmi dari Kementerian Pertanian ke Pemkab Tuban.

"Kalau sudah diserahkan dari Kementerian, kita akan langsung salurkan ke kelompok tani," jelas Teguh.

Bantuan diutamakan bagi kelompok penggarap lahan kering atau padi gogo. Selain itu, kelompok yang dimaksud juga belum pernah menerima bantuan yang sejenis.

Yang tak kalah penting, kelompok tani penerima bantuan harus berbadan hukum. Serta tercatat di Badan Pelaksana Penyuluhan Ketahanan Pangan (BPPKP).

"Semua anggota kelompok berhak memakai traktor ini, dan masing-masing kelompok tentu sudah paham aturannya," jelas Teguh.

Informasi yang diterima blokTuban.com, Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman, dijadwalkan akan mengunjungi Kabupaten Tuban hari ini. Selain untuk melakukan panen jagung dan meninjau lokasi lahan yang tergenang banjir, juga untuk menyerahkan bantuan traktor ini ke Pemkab Tuban. [pur/ ]