SRG Saat Ini Menampung 60 Ton Gabah

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Sistem Resi Gudang (SRG) yang berada di Jalan Pakah-Plumpang saat ini berisi sekitar 60 ton gabah kering. Gabah tersebut merupakan gabah yang dititipkan petani kepada SRG.

sperti diungkapkan Bupati Tuban, Fathul Huda, SRG ini dapat dimanfaatkan petani untuk menyimpan sementara hasil panen padi. Padi tersebut disimpan untuk menghindari dipermainkannya harga padi pasca panen raya oleh tengkulak nakal.

"Adanya SRG dapat dimanfaatkan petani untuk menahan hasil panen. Dimana sebagian uang akan diberikan oleh bank, namun kapasitas belum dapat menampung semua hasil panen petani di Tuban," kata Fathul Huda, Sabtu (5/3/2016).

Menurut orang nomor satu di Tuban ini, petani harus mematahkan hukum perdagangan, yakni ketika jumlah barang melimpah ruah, harga merosot drastis.

Ditemui terpisah sebelumnya, Kepala Bidang Perdagangan, Bhismo S Adji mengatakan SRG ini dapat membantu petani. Terlebih saat tiba musim panen raya di waktu musim hujan.

"Kami menggandeng PT Pertani untuk mengoperasikan SRG ini. Adanya mesin dryer atau pengering dapat membantu mengeringkan padi petani yang panen di musim hujan," kata Bhismo kepada blokTuban.com.

Kemudian ketika padi yang disimpan di SRG ditawar pembeli maka petani dipanggil untuk melakukan negosiasi. Padi tidak akan dilepas tanpa persetujuan petani pemilik padi tersebut.[dwi/col]