500 UMKM Tuban Diusulkan Terima Pinjaman

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Sejumlah 500 pelaku Usaha Kecil Menengah (UMKM) di Tuban, diajukkan untuk menerima pinjaman dana yang dikucurkan pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov) di tahun 2016.

Sebagaimana diketahui, pada Kamis (18/2/2016) Pemrov Jatim menandatangani loan agreement atau perjanjian pemberian pinjaman, kepada bank milik daerah Jatim, PT Bank Jatim sebesar Rp400 miliar. Dimana, dana yang dikucurkan merupakan dana pinjaman yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) berkurun waktu dua tahun.

Kepala Bidang Koperasi dari Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) Tuban, Rohmad mengatakan, daftar UMKM Tuban sudah diusulkan untuk kemudian diverifikasi lagi. Ia mengaku, jumlah tersebut baru sekadar pengusulan, untuk kepastiannya akan dilakukan pengecekkan dan semacamnya di kemudian hari.

"Berkas usulan UMKM yang bakal mendapatkan pembiayaan sudah kami sampaikan ke Pemprov Jatim. Saat ini data tersebut masih dikaji. Untuk mendapatkan dana bergulir, dan survey dilakukan oleh bank penyalur dana tersebut," tutur Rohmad, keapda blokTuban.com.

Untuk diketahui, jumlah UMKM di Tuban sendiri pada 2010-2015 tecatat ada 65.535 usaha. Yangmana setiap tahun pelaku UMKM kian meningkat jumlahnya.

Dari jumlah tersebut, baru sepersekian persen UMKM yang diusulkan. Untuk besaran dana yang diterima Kabupaten Tuban belum dapat diketahui. Hingga berita ini dinaikkan, pihak Bank Jatim Cabang Tuban, belum dapat mengkonfirmasi besaran dana yang diperuntukkan untuk UMKM Tuban. [dwi/rom]