Berharap Perkebunan Bisa Menunjang Ekonomi Masyarakat

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Ribuan hektar hamparan tanaman jagung, terselip tanaman cabai di bawahnya, hal ini telah familier di telinga masyarakat Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, bahwa jagung dan cabai merupakan tanaman unggulan dari sektor pertanian.

Selain tanaman palawija dan tanaman padi, Kecamatan Grabagan mempunyai keunggulan dalam sektor perkebunan buah. Seperti halnya jeruk buah yang berada di Desa Dermawuharjo, dan perkebunan sawo yang berada di Desa Menyunyur dan Desa Ngandong.

Pemerintah Camat Grabagan, Suwito SH menjelaskan, bahwa untuk mengembangkan potensi unggulan di sektor pertanian, dan perkebunan, ke depannya pemerintah ingin menjadikan Kecamatan Grabagan sebagai kecamatan perkebunan buah, guna untuk menunjang perekonomian masyarakat.

"Perkebunan buah merupakan salah satu potensi untuk menunjang perekonomian rakyat," kata Camat Grabagan kepada blokTuban.com, Senin (29/2/2016).

Berhubung jalan raya di Kecamatan Grabagan adalah salah satu jalan yang menghubungkan Tuban-Rengel dan Bojonegoro. Grabagan merupakan tempat yang strategis untuk bersantai saat perjalanan.

"Dengan sudah adanya fasilitas trotoar, ke depannya masyarakat dapat menyediakan produk unggulan buah dari desa masing-masing di sepanjang pinggir jalan raya tersebut," imbuhnya.

Selain tempat untuk bersinggah saat melintasi jalan tersebut, para pengguna jalan juga bisa mencicipi produk unggulan dan menjadikan produk-produk tersebut sebagai oleh-oleh khas dari Kecamatan Grabagan. [hud/rom]