Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kondisi tanaman padi petani yang rusak akibat luapan tanggul Avur Jambon yang jebol di Desa Sumurgung Kecamatan Tuban membuat Bupati Tuban Fathul Huda berinisiatif untuk memberikan solusi agar petani menanam Tebu.

"Sebaiknya petani Sumurgung melakukan penanaman tebu," terang Huda saat meninjau tanggul Jambon, Jumat (26/2/12)

Selanjutnya bupati kelahiran asal Montong tersebut menyampaikan rencananya kepada Kepala Bappeda Mustarikah yang saat itu ikut mendampinginya meninjau lokasi tanggul Jebol.

"Coba dicarikan, informasinya bagus atau tidak jika lahan petani sumurgung ini ditanami tanaman tebu," kata Huda kepada Mustarikah.

Masih kata Huda, tanaman tebu merupakan tanaman yang mempunyai batang yang kuat, jadi jika ada banjir seperti sekarang ini kemungkinan bisa bertahan sehingga petani tidak merugi akibat gagal panen.

"Biar dicarikan informasi dahulu oleh Kepala Bappeda, ditunggu kalau kemungkinan besar bisa maka hasilnya akan disampaikan kepada petani," pungkasnya.

Diketahui, Bupati Tuban bersama rombongan tiba di lokasi tanggul Jambon pada pukul 10.00 WIB, terlihat beberapa instansi turut mendampingi seperti BPBD, Dinas Pertanian, dan juga Dinas Pekerjaan Umum. Serta turut hadir Pula Dandim 0811 Tuban, Letkol Sarwo Supriyo.[nok/col]