Sendang Klongko, Sumbermata Air Desa Ngrejeng

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sendang Klongko merupakan salah satu sendang di Desa Ngrejeng, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban yang masih digunakan warga desa setempat untuk kebutuhan sehari-hari, Minggu (14/2/2016).

Setiap pagi hari dan sore hari sendang tersebut dipenuhi para warga yang datang dari tiga dusun di Desa Ngrejeng, yakni Dusun Ngrejeng Geneng, Ngrejeng Ledok, dan Nggaleh.

Menurut warga sekitar sendang, Pranoto (46) setiap harinya sendang ini ramai karena merupakan salah satu sendang yang masih menjadi tempat aktifitas kegiatan warga setempat. "Mulai dari mandi, mencuci baju, ambil air untuk dimasak, mencuci kendaraan dan juga irigasi lahan petanian," jelas Pranoto kepada blokTuban.com.

Waktu kemarau panjang, sumber mata air yang berada di sendang tersebut menjadi kecil, sehingga untuk mengambil air harus antre.

Warga yang lain Dul (42) mengaku Sendang Klongko merupakan sendang yang paling dekat dengan jalan aspal, para warga yang berada di tiga dusun memilih melakukan aktifitas mencuci di Sendang Klongko ini.

"Kalau ramainya sendang Klongko ini setiap hari ramai, namun hanya jam-jam tertentu saja, seperti pagi hari saat mencuci dan sore hari para warga mandi dan mengambil air," ungkap Dul saat ambil air.

Sekretaris Desa (Sekdes) Ngrejeng Rodli (44) menambahkan para warga datang bergantian untuk melakukan aktifitasnya mencuci di sendang tersebut.

"Warga tiga dusun di desa ini banyak yang datang ke Sendang Klongko saat akan mencuci baju dan lain-lain, selain tempatnya di pinggir jalan juga dekat dijangkau warga," tambah Sekdes. [hud/col]