Musim Tanam, Produksi Tahu di Jatirogo Meningkat

Reporter: Ikhsanul Yazid

blokTuban.com - Pabrik tahu yang berada di Kecamatan Jatirogo, tepatnya di Desa Karang Tengah, menambah produksinya saat musim tanam tiba. Hal tersebut lantaran pemesanan tahu semakin meningkat.

Seperti diungkapkan salah seorang karyawan, Ropangat, menjelaskan bahwa penambahan produksi dilakukan lantaran pesanan dari pedagang keliling semakin banyak. Dihari biasa, kata Ropangat, hasil produksi tahu berkisar 38 sampai 40 timba/bak perharinya. "Akan tetapi saat musim tanam, atau ketika petani sibuk menggarap sawah, pembuatan tahu naik 6% dari biasanya, atau sekitar 47 sampai 50 timba," jelas pemuda berusia 19 tahun tersebut, kepada blokTuban.com.

Pengusaha tahu, Kasmani mengatakan, produksi tahu sempat turun saat musim entung serta belalang, karena kebanyakan masyarakat mengkonsumsinya, sehingga untuk konsumsi tahu berkurang.

"Hal itu tidak berlangsung lama, karena sekarang produksi tahu sudah normal kembali," terang Kasmani.

Sementara saat musim tanam seperti saat ini, jelas Kasmani, produksi tahu meningkat seiring dengan pesanan yang semakin bertambah dari pedagang keliling. "Sehingga dilakukan penambahan produksi tahu untuk mencukui permintaan," imbuhnya.

Kasmani menambahkan, tahu memang akrab di masyarakat, disamping harganya yang murah juga tahu bisa untuk sebagai lauk saat makan, serta bisa juga untuk camilan petani saat di sawah atau warga sekitar menyebutnya jamenan.

"Sehingga produsen tahu harus menambah jumlah produksinya setiap hari, karena permintaan meningkat," tutup Kasmani, kepada bT sebutan blokTuban.com. [nul/rom]