Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Banyaknya penyedia mobil bekas atau second, tidak terlalu memberi pengaruh besar akan penjualan mobil baru, hal demikian yang diyakini sejumlah dealer kendaraan roda empat baru. Meski kualitas ditawarkan oleh showroom mobil bekas, dan harga cukup bersaing dibawah mobil baru.

Pada sebuah situs jual beli online menunjukkan, harga mobi bekas buatan tahun 2008 hingga 2013 dipatok sekitar Rp150 juta. Namun hal tersebut tidak jadi soal bagi pelaku penjual mobil baru.

Counter Sales PT Astra International Tbk, cabang Tuban, Tyas mengatakan, program dari pemerintah low cost green car (LCGC) atau acap disebut mobil murah, menjadi buruan masyarakat. "Pertimbangan para pembeli biasanya terkait fungsi kenyamanan dan penggunaan bahan bakar. Dengan adanya program mobil murah dengan kisaran harga Rp120 juta sudah dapat menikmati fasilitas yang ditawarkan," ungkap Tyas, pada blokTuban.com.

Sejauh ini, menurut Tyas, pembelian mobil di Tuban didominasi mobil keluarga. "Khususnya Kecamatan Tuban dan Semanding yang unggul dalam transaksi pembelian," jelasnya.

Terkait fungsi dan kenyamanan yang menjadi pertimbangan pembeli juga diakui oleh Salles Head dari PT United Motors Center, Taufik Hidayat. Selain harga, menurutnya faktor kenyamanan kerap diutamakan. "Kalau dulu pembelian mobil untuk investasi. Tapi akhir-akhir ini lebih pada kebutuhan," tambah Taufik.

Untuk meningkatkan penjualan, tiap perusahaan pun berlomba menarik pelanggan. Dari persaingan harga hingga layanan tambahan yang ditawarkan. [dwi/rom]