Polres Tunggu Kabar Pemkab Terkait eks Gafatar di Pengungsian

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang tinggal di Mempawah, Kalimantan Barat telah dipulangkan ke Pulau Jawa. Saat ini mereka berada di tenda pengungsian di berbagai daerah di pulau jawa, salah satunya di Provinsi Jawa Timur. Namun terkait warga Tuban yang diduga ikut Gafatar belum bisa dipastikan apakah ada atau tidaknya ditenda pengungsian.

Kasubag Humas Polres Tuban, Ajun Komisaris Polisi Elis Suendayati mengatakan, pihaknya belum mengetahui apakah ada warga Tuban yang diduga ikut Gafatar atau tidak di tenda pengungsian. Sebab dari Polres hanya menunggu kabar dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban.

"Karena saat ini keberadaan anggota Gafatar sedang ditampung di Surabaya dan dilakukan pembinaan oleh Pemprov Jatim, nanti hubungannya Pemprov dan Pemkab," terang Elis.

Lebih lanjut Elis menambahkan, hari Minggu (24/1) Pemkab Tuban akan menerima info dari Pemprov terkait keberadaan anggota Gafatar yang ada di tenda pengungsian.

"Jika memang ditemukan warga Tuban yang diduga ikut Gafatar, maka akan dilakukan rapat koordinasi pada hari senin terkait penjemputannya. Selanjutnya akan diserahkan di kecamatan tempat domisili," pungkasnya.

Berdasarkan info yang dihimpun blokTuban.com bahwa setelah dilakukan penjemputan, maka pembinaan terhadap anggota Gafatar akan diserahkan pada Muspika setempat.[nok/col]