Hearing Nelayan Palang dan Dinas Perikanan Buntu

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Hearing lanjutan Nelayan Desa/Kecamatan Palang belum menemukan titik temu. Kali ini, dengar pendapat dilaksanakan di Ruang Rapat Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tuban, Jumat (22/1/2016) pagi. Pertemuan yang dihadiri oleh enam Nelayan Desa Palang dan langsung dipimpin oleh Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tuban.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tuban, Sunarto mengatakan, untuk menindaklanjuti hasil hearing sebelumnya terkait kesejahteraan Nelayan Palang yang sedang terkena musibah kecelakaan nelayan. Selain itu juga dibahas masalah pengelolaan basket nelayan yang dikenakan tarif sewa.

"Untuk biaya kecelakaan nelayan bisa menggunakan asuransi yang resmi yaitu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan), jadi nelayan cukup membayar per bulannya sebesar 16.800," terang Sunarto.

Sunarto menambahkan, sedangkan untuk biaya sewa basket jika nelayan ingin mengelola maka nelayan harus membentuk kelompok nelayan berbadan hukum yang akan mengelola basket tersebut. Meski demikian, aset yang ada masih milik Dinas.

"Ya silahkan jika nelayan ingin mengelola basket tersebut. Tapi harus berbadan hukum intinya, nanti bisa dirapatkan dengan kelompok nelayan yang lain dan pihak TPI dalam pelaksanaanya," pungkasnya.

Kendati jawaban sudah diberikan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tuban, namun sejumlah nelayan yang turut ikut rapat belum menyetujuinya dan akan dibahas kembali bersama. [nok/col]