Reporter :Ikhsanul Yazid

blokTuban.com - Unit Pengelola Teknis Dinas Daerah (UPTD) Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kecamatan Singgahan,  tahun ini mengikuti progam Pemerintah, yakni penambahan tanaman padi.

Ketua UPTD, Yuli Purnomo mengatakan, pada tahun ini Pemerintah mengagendakan progam penambahan tanaman padi untuk 10 kecamatan yang ada di Tuban, salah satunya Kecamatan Singgahan. Hal tersebut sudah diapresiasi semua petani kecamatan tersebut.

Dari kesepakatan awal yang sudah dilakukan melalui pertemuan Rencana defisit Kebutuhan Kelompok (RDKK), menghasilkan mufakat bersama untuk pola sistem tanam petani dilakukan secara berseling.

"Tetapi untuk awal tahun ini, harus kembali menanam padi karena memang sudah mengikuti progam yang telah ditentukan pemerintah," ungkapnya kepada blokTuban.com

Salah satu anggota kelompok tani, Parno menjelaskan, sosialisasi dilakukan dengan cara mengumpulkan dan mengajak diskusi perwakilan kelompok tani. Tentu saja hasil atau mufakat diikuti petani se-Kecamatan Singgahan. Karena memang dalam satu desa terdapat 2 kelompok tani atau lebih.

"Untuk progam pemerintah bisa dibilang sesuai, karena memang pada awal tahun ini bertepatan dengan musim penghujan," jelas Parno. [nul/ito]