Nelayan Palang Kritik Dinas Perikanan dan Kelautan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Puluhan nelayan Desa/Kecamatan Palang melakukan hearing atau dengar pendapat, dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tuban, di ruang pertemuan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Palang pada Jumat (15/1/2016) siang.

Seorang nelayan, Abdul Karim mengatakan, kenapa Dinas Perikanan dan Kelautan tidak menganggarkan bantuan dana kecelakaan bagi nelayan, padahal nelayan sangat besar kontribusinya.

"Saya pernah mengalami kecelakaan laut, tapi tidak ada bantuan, hanya santunan sebesar Rp250 ribu diberikan dan saya kembalikan, karena besaran dana tersebut tidak layak untuk saya terima," terangnya kepada blokTuban.com

Nelayan lain, Zainul menambahkan, dengan adanya perda No. 8 Tahun 2011 dan juga dana sewa basket nelayan, harusnya Dinas bisa memberikan bantuan dana bagi nelayan yang sedang terkena musibah.

"Dana hasil sewa basket 40 persen untuk pengelola, dan saya meminta yang 60 persen harus dilibatkan untuk nelayan, karena sewaktu-waktu bisa digunakan untuk kepentingan nelayan, seperti kalau ada kecelakaan di laut," pungkasnya.

Berdasarkan info yang dihimpun blokTuban.com, bahwa nelayan yang hadir berperan aktif dalam dialog bersama Dinas Perikanan dan Kelautan untuk menyelesaikan masalah bersama. [nok/rom]