Reporter: Moch Sudarsono

blokTuban.com - Tahun 2016 adalah tahun Shio Kera Api atau dalam bahasa Jawa disebut sebagai Anoman Kobong. Hendaknya perlu waspada dan hati-hati dalam memasuki tahun 2016. Sebab pada tahun ini, diprediksi bahwa tersebut sangat keras sekali dan berpengaruh pada kehidupan kehidupan sosial masyarakat.

Menurut Ciam Sie atau Peramal dari Klenteng Kwan Sing Bio, Salim mengatakan, bahwa tahun 2016 sangatlah keras sekali dalam kehidupan bermasyarakat. Diharapkan masyarakat senantiasa berhati-hati menjaga diri dan menata ekonomi dengan baik. Sebab tahun 2016 ekonomi indonesia masih lemah, terlebih untuk Shio yang masih mudah untuk tertipu dan Shio yang beruntung untuk tahun ini harus tetap menjaga diri.

"Shio yang mudah tertipu adalah Shio Tikus, Shio Ular, Shio Naga. Ketiga shio tersebut masih mudah untuk tertipu biasanya mereka dijanjikan untuk bisnis ataupun hal-hal yang sifatnya mengikat. Jadi, mereka akan tetap mengikuti permintaan dari orang yang akan menipu," tuturnya.

Sedangkan untuk Shio yang beruntung tahun ini, lanjut Salim, adalah Shio Kambing, Shio Ayam, Shio Kelinci, Shio Babi dan Kerbau. Kendati demikian dalam Ciam Sie atau ramalan dikatakan beruntung namun Shio tersebut juga harus tetap berhati-hati dalam keadaan apapun.

"Untuk Shio Kerbau harus bisa menjaga emosi sebab pada tahun ini mudah untuk emosi,'' terang Salim kepada blokTuban.com

Meskipun demikian, semua tetap harus optimis dan jangan pesimis dalam menjalani kehidupan. Jika pesimis, maka akan semakin ketinggalan lebih jauh dan dalam keadaan terpuruk. Oleh karena itu, diharapkan jangan sampai lepas untuk tetap memanjatkan doa kepada sang pencipta agar senantiasa diberikan kemudahan dalam menjalani tahun 2016.

"Untuk Shio-shio yang saya sebutkan, saya berharap ini bisa menjadi kehati-hatian bagi kita dan menjaga sikap kita dalam menjalani keidupan, semoga di tahun 2016 ini kita mampu melaluinya dengan baik, menjaga diri agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan," pungkasnya.[nok/ito]