Penonton Ki Anom Padati Alun-alun Tuban

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Serangkaian acara yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban dalam rangka Hari Jadi Tuban (HJT) ke 722 masih terus berlangsung. Kali ini kesenian wayang kulit di hadirkan dan dilaksanakan di Alun-alun Kota Tuban, Jumat(27/11/15) malam.

Pantauan blokTuban.com di lapangan, hingga pukul 20.00 WIB, ribuan warga telah memadati lokasi acara. Terutama masyarakat yang menyenangi seni wayang kulit. Bukan hanya lokal saja, tetapi juga warga dari luar daerah.

Lakon yang dibawakan dalang Ki Anom Suroto adalah Wahyu Suropati. Ketokohan dalang Anom yang menyedot animo masyarakat cukup besar. Tampak, bukan hanya warga berusia lanjut saja yang berjubel, namun kalangan muda-mudi juga sama.

Seorang penikmat wayang, Toyek (35) asal Kecamatan Semanding mengatakan, jika dirinya datang bersama keluarga, termasuk istri dan dua orang anaknya.

"Menyenangkan bisa datang menonton pagelaran seni wayang kulit bersama keluarga," katanya.

Bahkan ada juga penonton yang datang dari Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Ainul (23). Pemuda tersebut mengaku senang dengan wayang, sehingga jauh-jauh dari Rembang ke Tuban. "Apalagi kalau cerita wayangnya bagus dan dalangnya Anom," jelasnya. [nok/mad]