Ramai Pemesanan, Omset Capai Rp 3 Juta Perbulan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Untuk saat ini pertunjukan tongklek di Kabupaten Tuban telah menjamur, musik tradisional (Tongklek) banyak digemari para kalangan umum mulai dari anak-anak sampai orang tua.

Hal itu membawa berkah tersendiri bagi pengrajin alat musik tradisional tesebut, seperti pengrajin yang terdapat di Desa Sumurgung, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Setelah tongklek menggema di telinga masyarakat, terutama di Kabupaten Tuban usahanya ini ramai pemesanan.

Salah satu pengrajin, Peser (50) mengatakan, pemesan alat musik tradisional ini datang dari berbagai Kecamatan di Kabupaten Tuban, mereka umumnya memesan Gong dan Gambangan.

"Saat ini pemesan produk saya meningkat, kebanyakan alat musik yang dipesan yakni gong dan gambangan," ujarnya kepada blokTuban.com.

Usaha yang telah ditekuninya sejak 2,5 tahun ini, bermodal awal sebuah alat las. "Sekarang perbulanya mencapai Rp3 juta, kalau lagi ramai seperti saat ini," terangnya.

pemesan atau pembeli, lanjut Peser, merupakan pencinta musik tradisional dan para kelompok atau group tongklek dari berbagai Kecamatan di Kabupaten Tuban, seperti Kecamatan Kerek, kecamatan Palang dan lainnya.

"Para pemesan kebanyakan para kelompok tongklek dari berbagai Kecamatan," pungkasnya. [hud/rom]