Pencari Kerang Diantara Wisatawan Pantai KuTe

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Pencari kerang di garis pantai Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, menjadi pemandangan tersendiri diantara hiruk pikuk pengunjung wisata pantai.

Pantai KuTe (kulone terminal), begitu biasa disebut warga memang menarik. Hamparan pantai membentang dengan deretan pohon cemara laut yang rindang.

Selain itu, di pantai ini, banyak ditemukan pasir bercampur lumpur laut. Tempat inilah, yang konon menjadi habitat kerang. Hewan laut yang banyak diburu orang untuk dikonsumsi.

Pantauan blokTuban.com, para pencari kerang berbaur menjadi satu diantara hiruk pikuk wisatawan. Bermodal cetok dan timba kecil, mereka hanya perlu sekali menggali lubang untuk mendapatkan kerang.

"Sekali gali, kerangnya sudah terlihat," kata pencari kerang, Warno, kepada blokTuban.com, Sabtu (2/1/2016).

Meski tersembunyi diantara pasir. Bukan perkara sulit melacak keberadaannya. Sebab, pasir yang di bawahnya ada kerang pasti ada penanda berupa lubang kecil di atasnya.

"Ada lubang kecil, itu pasti ada kerang di bawahnya," jelas Warno.

Mencari kerang, merupakan penghasilan tambahan bagi mereka. Sehari, mereka bisa mendapatkan uang sampai Rp75 ribu. Padahal hanya mencari kerang sekitar 1,5 jam saja.

"Harga perkilo sekitar 35 ribu rupiah, tapi tergantung kerangnya juga," terangnya. [pur/rom]