Realisasi PAD Disperpar Lampaui Target

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Realisasi target Pendapatan Asli Daerah (PAD) atau retribusi daerah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) telah melapaui target, yakni 105 persen.

blokTuban.com dalam usahanya menghimpun data, pada akhir November 2015 besaran realisasai PAD mencapai Rp6,6 miliar. Sedangkan terget PAD yang dipatok pada awal tahun 2015 yaitu Rp6,3 persen.

"Realisasi target PAD secara keseluruhan sudah tercapai," terang Sekretaris Disperpar, Edang Trimeidya.

Menurutnya, terdapat beberapa sektor yang belum tercapai. Kendati demikan, capaian target pada beberapa sektor lainnya dapat membantu menutup sisa target.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada sektor pengelolaan dana bergulir dibukukan jauh dari target. Dari bunga pasar desa, industri kecil, koperasi dan PKM capaian mentok pada 22 persen.

Sementara realisasi PAD terbesar disumbang oleh hasil pengelolaan Daerah yang dipisah dengan kontribusi mencapai 148 persen. Dari target awal Rp1,1 miliar, hingga akhir November dibukukan Rp1,6 miliar.

Mei manambahkan, potensi yang dimiliki Tuban pada beberapa sektor yang berpotensi untuk dikembangkan. Setiap kali penetapan target pihak Disperpar juga melakukan pembenahan. Ia mencontohkan, pembenahan atau revitalisasi pada beberapa pasar yang berada di bawah pengelolaan Disperpar yakni Pasar Karangagung dan Pasar Pramuka.

Dengan pembenahan yang dilakukan, Disperpar berharap akan berimbas pada penerimaan atau retribusi daerah. "Saat kondisi lapangan sudah representatif, akan menggenjot hasil retribusi," pungkas Mei.[dwi/col]