Pleno KPU, Tetapkan HUDANOOR Pemenang Pilkada

Reporter: Moch Sudarsono

blokTuban.com - Rapat pleno terbuka yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, pada Selasa (22/12/2015) pagi, bertempat di lantai dua gedung KPU Tuban, perihal tentang penetapan Pasangan Calon (Paslon) terpilih Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan wakil Bupati Tuban berjalan dengan lancar.

Dalam acara penetapan ini, dihadiri seluruh anggota KPU, seluruh komisioner Panwaslu Kabupaten Tuban, Paslon Nomor urut 1 HUDANOOR, Kapolres, Dandim, Ketua DPRD, Kepala Satpol PP, Partai pengusung dan pendukung, serta para tamu undangan.

Ketua KPU Kabupaten Tuban, Kasmuri mengatakan, bahwa acara ini adalah terkait tentang penetapan pasangan calon terpilih Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tuban, pada pilkada serentak 9 Desember kemarin, setelah sebelumnya berlangsung acara penetapan suara yang dilaksanakan di gedung KSPKP, dengan telah ditetapkannya paslon HUDANOOR sebagai pasangan calon terpilih, maka secara hukum dapat dinyatakan bahwa pemenang pilkada Bupati dan wakil Bupati Tuban telah dimenangkan pasangan tersebut.

"Keputusan ini tertuang pada Keputusan KPU Kabupaten Tuban No.47/KPTS/KPUK-0143/29920/2015, Tentang penetapan Pasangan Calon (Paslon) terpilih Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan wakil Bupati Tuban," ujar Kasmuri.

Lebih lanjut, Kasmuri menyatakan, setelah acara penetapan ini maka akan ada acara pelantikan penetapan dan pengesahan, namun kami hanya sebatas mengusulkan kepada DPRD Tuban, yang memproses adalah DPRD dengan mengusulkan pelantikan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur.

"Yang melantik adalah Gubernur, besok surat-suratnya sudah bisa diusulkan prosesnya ke DPRD, berdasarkan Peraturan KPU No.2 jadwal pengesahan pelantikan antara tanggal 23 sampai 29 Desember," terangnya.

Sementara itu, setelah dibacakan penetapan oleh KPU. terlihat pasangan HUDANOOR beserta pendukunganya tampak senang, setelah ditetapkan sebagai pemenang pada Pilkada Bupati dan Wakil Tuban 2015. [nok/rom]