Rekind-HK: Pekerja EPC 5 Boleh Pulang

Reporter: Muhamad Fatoni

blokTuban.com - Kontraktor Pelaksana Proyek Engineering, Procurement, and Constructions (EPC) 5, Banyuurip, Blok Cepu, Konsorsium PT Rekayasa Industri (Rekind) dan PT Hutama Karya (HK), memang tak meliburkan para karyawannya di hari libur nasional ini.

Hanya saja, konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut, mengizinkan para pekerja dari luar daerah Bojonegoro, untuk menyuarakan hak pilihnya dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada Rabu, (9/12/2015).

"Bagi mereka yang punya hak pilih, boleh pulang untuk menyalurkan haknya," ujar Humas Konsorsium PT Rekind-HK, Achmad Fatoni kepada blokBojonegoro.com, melalui pesan pendek.

Namun, kata Fatoni, hal itu dikembalikan lagi kepada pribadi masing-masing pekerja. Apakah mereka memilih pulang ke kampung halamannya untuk menentukan hak pilihnya, atau bahkan tetap menjalankan rutinitasnya. "Terserah orangnya sendiri, mungkin jauh butuh biaya," tutur pria asal Pasuruan, Jawa Timur ini.

Lain halnya dengan apa yang disampaikan para pekerja EPC 5 Banyuurip Blok Cepu, mereka mengaku tidak mendapat informasi atau pemberitahuan libur, terkait Pilkada serentak dari pihak Rekind-HK.

"Memang tidak ada pemberitahuan libur dari perusahaan mas, jadi hari ini ya tetap masuk kerja seperti biasa," ujar Pekerja EPC 5, Banyuurip, Blok Cepu, Jumali, ditemui di area jembatan layang (fly over), tepatnya di Desa Ngraho, Kecamatan Gayam, Kabupten Bojonegoro.

Sementara itu, Juru Bicara EMCL, Rexy Mawardijaya mengatakan, pihaknya mengikuti aturan yang ditetapkan Pemerintah untuk penetapan hari libur nasional terkait Pilkada serentak. "Dan, mengutamakan operasi yang aman dan efisien," ujar Rexy. [oni/mu]