Nikmatnya Lobster dan Kepiting Bumbu "Ndeso"

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Kalau sebutan "Ndeso" selama ini identik norak oleh sebagian orang. Tidak demikian dengan masakan Ndeso. Sajian tersebut tetap mempunyai ruang khusus di hati pecinta kuliner di Indonesia.

Di Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, anda bisa menjumpai satu warung sederhana milik Mbak Narti. Meski berada di pedalaman, warung ini sudah terkenal dengan aneka makanan yang dibalur dengan bumbu Ndeso-nya.

Salah satu menu andalan warung Mbak Narti adalah lobster dan kepiting. Apabila selama ini kedua jenis sea food ini dimasak ala restauran, tapi cara ini tidak berlaku di warung Mbak Narti.

"Saya masaknya pakai cara orang desa saja Mas," kata Mbak Narti kepada blokTuban.com.

Lobster dan kepiting segar pasokan dari nelayan, dimasak menggunakan bermacam bumbu rempah, dan santan yang kental. Ditambah, dengan taburan bawang goreng. Selain itu, siapapun dijamin akan mengelap keringat sejak suapan pertama, karena masakan di Mbak Narti ini punya rasa pedas yang cukup kuat.

Ketika menyuap pertama kali, rasa gurih dari rempah dan santan kelapa, pedas, aroma sedap dari bawang goreng akan menjadi satu. Suapan kedua, lidah Anda akan semakin bergoyang. Biar lebih nikmat, makanlah dengan nasi jagung dan minum Es Legen. Dijamin lidah Anda akan lebih merasa dimanjakan ditempat ini.

Pembeli yang datang ketempat inipun dari lintas kalangan. Mulai dari pegawai pemerintah, perusahaan, wiraswasta, guru, ataupun orang dengan pekerjaan yang lain.

"Kalau perharinya, ada sekitar 10 kilogram lobster, 10 kilogram kepiting, dan juga 10 kilogram kepala manyung yang habis," terang Narti.

Sebenarnya, warung ini bisa menjual lebih banyak lagi. Tapi masih terkendala pada pasokan lobster, kepiting, dan kepala manyung segar. Selain itu, warung ini juga menjadi jujugan pemesanan perusahaan-perusahaan besar di Tuban.

"Kalau ada pesanan itu ya kesulitan pasokan bahan, biasanya ada yang sampai ratusan porsi," kata Narti.

Di warung ini, untuk satu porsi lobster, Anda bisa mendapat dengan harga 90 ribu rupiah. Kemudian satu porsi kepiting bisa didapat dengan harga 70 ribu rupiah. Serta tambahan satu menu favorit yang lain, adalah kepala manyung yang bisa didapat dengan harga 30 ribu rupiah.

Selain itu, di warung ini juga menjual oseng telur kepiting, sapit gotho, kerang goreng, jeroan ayam dan unggas, serta aneka makanan berkuah lain yang bisa didapat dengan harga 20 ribu rupiah. Warung sederhana ini, perhari bisa menghasilkan omset sekitar 4 juta, bahkan lebih perharinya.

Menuju warung ini, Anda bisa melintas di Jalan Manunggal, Tuban. Sekitar 50 meter arah selatan dari Kampus Unirow Tuban, Anda bisa belok kiri mengambil jalan kecil  yang menghubungkan dengan Perumahan Tasikmadu, Palang.

Ketika sudah masuk jalan ini sekitar 500 meter, bertanyalah kepada orang tempat warung Mbak Narti. Oh ya, apabila kesini usahakan antara pukul 10.00 WIB sampai 13.00 WIB. Karena di luar jam itu, dijamin warung sudah kehabisan makanan. Selamat mencoba bloKers (sebutan pembaca blokTuban.com). [pur/ito]