RSUD: Pasien Akan Dirawat Lagi Sampai Sembuh

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr R Koesma Tuban, Dr Zainul Arifi, berjanji pihaknya akan merawat lagi Misbahul Munir (24), warga Kelurahan Sendangharjo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban.

"Apabila masih sakit tentu akan kami rawat lagi dengan baik," kata Zainul Arifin kepada blokTuban.com di kantornya, Sabtu (14/11/2015).

Sebelumnya, Zainul menolak apabila disebut RSUD memulangkan pasien yang masih sakit. Diapun mengaku sudah mengkroscek ke dokter yang merawatnya dan juga perawat-perawat rumah sakit yang menjaganya.

"Saat itu pasien sudah sembuh, sehingga boleh pulang. Bisa jadi ketika kembali ke rumah sakit radang lambung pasien ini kambuh," terang Zainul.

Solusinya, kata Zainul, pasien ini dimasukkan lagi ke RSUD menggunakan Surat Pernyataan Miskin (SPM) yang dikeluarkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban. Selain itu, dokter atau perawat berjanji tidak akan membedakan pelayanan pasien pengguna SPM ataupun pasien biasa.

"Kita rawat lagi ya sampai sembuh, ini pasien sudah diperiksa sama dokter," tegasnya.

Sementara itu, Misbahul Munir, saat ini sudah berada di ruang Unit Gawat Darurat (UGD) setelah diantar kembali oleh keluarga, salah satu anggota DPRD, dan sejumlah jurnalis di Tuban untuk berobat ke RSUD Dr R Koesma Tuban.

"Terima kasih sudah membantu kami," kata Ibu pasien, Nuryati (50), kepada sejumlah wartawan. [pur/ito]