Skip to main content

Category : Suara Pembaca & Citizen Jurnalism


Petualangan Sherina 2 : ‘Lorong Waktu' Peluruh Rindu yang Penuh Haru

Film Petualangan Sherina 2 telah dapat disaksikan sejak 28 September 2023 lalu. Hal ini memantik rasa penasaran generasi 90-an khususnya yang telah tumbuh bersama film pertamanya yang dirilis pada tahun 2000. Yup, 23 tiga tahun sudah sejak film pertama dirilis dan kini Mira Lesmana bersama Riri Riza kembali mengguncang perfilman Indonesia lewat sequel film legend ini.

Ki Lowo Ulama Tuban Sebarkan Islam Melalui Cangkrukan

Ki Lowo namanya mungkin tak seterkenal Raden Maulana Makdum Ibrahim (Sunan Bonang) atau Syekh Maulana Ibrahim Asmoroqondi. Namun, ulama yang dimakamkan di Desa Gaji, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini memiliki cara unik dalam berdakwah agama Islam.

Carut Marut Dunia Pendidikan: Mau Dibawa Kemana?

Dunia Pendidikan tak pernah habis menjadi perbincangan. Sejak dulu pendidikan selalu menjadi isu menarik untuk dibahas. Mulai dari pemerataan pendidikan, kurikulum yang gonta ganti, hingga kualitas SDM yang belum terangkat. Permasalahan pendidikan seakan tak pernah habis seperti permasalahan hidup kita yang tak pernah surut.

Menilik Demokrasi Menjelang Pemilu

Pemilihan umum atau pemilu merupakan pesta demokrasi bagi sebuah bangsa dan rakyatnya. Pemilihan Umum yang selanjutnya disebut Pemilu (UU No.7 Tahun 2017) adalah sarana kedaulatan rakyat untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden, dan untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Netral di Era Keberpihakan

Dalam era dimana opini publik sering kali terbelah dan polarisasi politik semakin meningkat, menjadi tantangan tersendiri untuk tetap netral.

Refleksi Hari Lahir Pancasila

Setiap tahun pada tanggal 1 Juni, bangsa Indonesia merayakan Hari Kelahiran Pancasila. Sebagai dasar negara Indonesia, Pancasila memiliki peran penting dalam membentuk identitas dan karakteristik bangsa ini.

Tuban, Kota Tanpa Kritik Seni Pertunjukan

Seni pertunjukan merupakan salah satu bentuk ekspresi budaya yang kaya dan mendalam. Di Tuban, seni pertunjukan memiliki warisan budaya yang beragam, seperti tari, teater, musik, dan seni bela diri tradisional.