Kelebihan Pohon Ficus yang Ditanam TPPI Tuban, Mampu Menahan Air 600 Galon Sehari

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Setelah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) dan sekolah Adiwiyata, kini PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) kembali menjalin kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) dalam penghijauan di Kabupaten Tuban

Lokasi penanaman kali ini berada di sumber air Brubulan, Desa Kesamben, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Sabtu (15/7). Adapun tanaman yang ditanam yaitu jenis Ficus. 

GM TPPI Tuban, Sugiyo menambahkan, dalam kegiatan ini pihaknya juga bekerja sama dengan Griya Ficus Tuban.

"Intinya kita menanam pohon ficus yang tahan cuaca, sebab keberhasilannya 70-80 persen hidup," kata pria hobi bersepeda ini, Minggu (16/7/2023). 

Baca Juga:

Pedagang Sepatu di Tuban Kebanjiran Berkah Tahun Ajaran Baru Sekolah

Sugiyo menambahkan, pada musim kemarau seperti ini teknik menanamnya memakai infus agar tahan dari sinar matahari. 

"Ini bukan yang pertama bagi TPPI, sebelumnya kita juga menanam bersama Disdik Tuban terhadap sekolah-sekolah Adiwiyata," bebernya.

Bahkan, ia mengaku telah menyumbangkan 1.000 pohon untuk sekolah-sekolah Adiwiyata di Tuban dan Griya Ficus ini juga 1.000 pohon.

"Semoga ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat. Menanam itu penting, satu pohon sangat berarti, pohon bisa menghasilkan O² untuk menghidupi 2 orang," ungkap Sugiyo.

Dikatakan Sugiyo, bahwa pohon itu butuh air sedikit, sehari hanya 2 galon, tetapi pohon dapat menahan air 400 hingga 600 galon per hari.

Baca Juga:

Turun Rp6.000 Per Gram, Ini Daftar Harga Emas Antam Hari ini 15 Juli 2023

"Harapannya 2 hingga 5 tahun ke depan debit air di sumber air Brubulan ini minimal bisa terjaga, syukur-syukur dapat bertambah," harapnya.

Kepala DLHP Tuban, Bambang Irawan saat di lokasi menyampaikan, Pemkab sangat mengapresiasi kegiatan ini, apalagi didukung oleh perusahaan industri yang komitmen terhadap lingkungan.

"Ini adalah bentuk komitmen awal yang dilakukan perusahaan terhadap lingkungan. Ini bukan hanya seremonial belaka," ucap Bambang.

Bambang menegaskan, jumlah pohon yang ditanam tidak menjadi persoalan. Bupati Tuban juga sudah komitmen tentang hal itu.

"Apalagi RTH (Ruang Terbuka Hijau) kita belum optimal, oleh sebab itu RTH publik atau RTH privat terus diupayakan untuk keseimbangan alam," ungkap Bambang. [Ali]

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS