Peringati Hari Lahir Pancasila, Lapas Tuban Gelar Upacara Bendara Berpakaian Adat

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tuban, Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Timur, menggelar upacara bendera guna memperingati Hari Lahir Pancasila, yang dipimpin langsung oleh oleh Kepala Lapas Tuban. 

Uniknya, dalam upacara bendera yang diselenggarakan di lapangan Lapas Tuban ini, seluruh peserta maupun pemimpin upacara menggunakan beragam pakaian adat yang ada di Indonesia. 

Kepala Lapas Tuban, Siswarno mengatakan bahwas sesuai dengan edaran yang dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, pada Tahun 2023 ini tema yang diambil ialah 'Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global'. 

Oleh karena itu, bapak dari dua orang anak tersebut mengajak seluruh pegawainya, untuk terus berkarya dan berkativitas tanpa batas, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi yang ada.

“Mari kita gelorakan terus semangat Pancasila dari Sabang sampai Merauke, mulai dari Miangas hingga Pulau Rote. Terus berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan Indonesia yang akan membangun peradaban ke depan. Semoga Indonesia menjadi bangsa besar yang disegani dunia tanpa kehilangan jati dirinya, PANCASILA," ujarnya saat membacakan amanat dari Presiden RI Joko Widodo, Kamis (1/6/2023). 

Lebih lanjut, dalam kesempatan tersebut, Siswarno juga mengingatkan kepada seluruh jajarannya, untuk tetap meningkatkan kinerja, serta terus menciptakan prestasi-prestasi yang bermanfaat bagi Kementrian RI, terlebih Lapas Tuban. 

Dengan demikian, ia berharap melalui momentum Hari Kelahiran Pancasila ini, ke depannya pihaknya dapat membuat terobosan-terobosan baru, serta bisa terus menumbuhkan pembaharuan pada Tahun 2023. 

"Semoga melalui peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023," imbuhnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS