Persiapan Ramadhan 2023, Jangan Lupa Bayar Hutang Puasa Tahun Lalu

Oleh: Dwi Rahayu

 

blokTuban.com – Menjelang bulan Ramadhan 2023 M atau 1444 H terdapat persiapan yang harus dilakukan. Beberapa diantaranya adalah memenuhi kewajiban membayar hutang puasa tahun sebelumnya.

Sebagaimana diketahui, mengacu pada kalender Islam Hijriah tahun 2023 yang diterbitkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), maka awal ramadan 2023 diperkirakan jatuh pada tanggal 22-23 Maret 2023.

Beberapa persiapan yang dapat dilakukan untuk menyambut diantaranya:

1. Melunasi hutang puasa tahun lalu

Buat beberapa perempuan, di bulan Ramadan puasanya tentu ada yang bolong-bolong ya karena siklus haid. Maka dari itu, persiapan pertama untuk menyambut Ramadan tahun ini adalah segera lunasi hutang puasa kalian tahun lalu. Selain membayar hutang puasa dapat juga diganti dengan membayar fidyah.

 

2. Membersihkan hati 

Menyambut Ramadan 1444 Hijriah salah satunya dengan bertaubat kepada Allah SWT. Sebab sejatinya setiap orang tidak luput dari dosa.

Sebagai makhluk sosial, tentu ada kalanya kita berseteru dengan orang lain, baik itu tetangga dekat rumah, rekan kerja, teman sekolah, maupun anggota keluarga. Perseteruan itu pun berakhir menjadi dendam. Nah, menjelang bulan Ramadan, ada baiknya kamu bersihkan hati dengan melupakan dendam tersebut.

 

3. Membiasakan diri berolahraga

Saat menjalankan puasa diwajibkan menahan lapar dan haus selama beberapa jam. Kondisi yang sebelumnya bisa makan kapan pun, lalu tiba-tiba ada jam makan dan minum membuat beberapa orang sakit. Oleh sebab itu, kamu harus mempersiapkan fisik dengan baik. Caranya bisa dengan mulai rutin berolahraga, bisa juga dengan konsumsi vitamin. 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS