12:00 . Lapas Tuban dan Dipersip Sepakat Kerjasama Bidang Pengelolaan Arsip   |   11:00 . Jadwal Imsak dan Buka Puasa Ramadhan Ke-7 Tanggal 28 Maret 2023 Provinsi Jawa Timur   |   10:00 . Lirik Lagu Bang-Bang Wetan - Cak Nun dan Kiai Kanjeng Beserta Maknanya   |   09:00 . Menghijau, Harga Emas Antam 29 Maret 2023 Naik Rp5.000 Per Gram   |   08:00 . Belajar Mengenal Tanda Baca Al-Quran dan Huruf Hijaiyah Lengkap   |   07:00 . Resep Kue Kering 3 Bahan Untuk Ide Suguhan Lebaran   |   21:00 . Ziarah Makam Janur Wendo, Ulama Penyiar Islam di Tengah Pemandian Bektiharjo Tuban   |   20:00 . Ini Jadwal Kegiatan di Masjid Agung Tuban Selama Ramadhan 2023   |   19:00 . BPBD Tuban Amankan Ular Sowo Kembang Sepanjang 2,5 Meter yang Meneror Warga   |   19:00 . Yuk Ngabuburit Sambil Berburu Menu Takjil di Jalan Sunan Kalijogo Tuban   |   18:00 . Harga Cabai Rawit di Pasar Tuban Terjun Bebas   |   17:00 . Sejarah Desa Leranwetan Tuban, Bermula dari Perang Saudara dan Memiliki 4 Agama   |   16:00 . PDRB Menurut Pengeluaran: Ekspor Barang dan Jasa di Tuban Tumbuh Tertinggi   |   15:30 . Calon Pengantin di Tuban Ramai-Ramai Ikuti Bimbingan Pranikah, Ingin Rumah Tangganya Sakinah   |   15:00 . Produksi Semen Meningkat, Industri Pengolahan Dominasi Struktur Perekonomian Tuban   |  
Wed, 29 March 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Jelang Ramadhan, Kunjungan Peziarah di Makam Sunan Bejagung Tuban Meningkat

bloktuban.com | Wednesday, 15 March 2023 20:00

Jelang Ramadhan, Kunjungan Peziarah di Makam Sunan Bejagung Tuban Meningkat Potret masjid di kawasan kompleks makam Sunan Bejagung Tuban. (bloktuban/sav)

Reporter: Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com - Menjelang datangnya Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriah, banyak masyarakat yang berbondong-bondong untuk berziarah ke sejumlah wali yang ada di Kabupaten Tuban, salah satunya ialah Makam Sunan Bejagung yang berada di Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. 

Peningkatan kunjungan peziarah sendiri, mulai terlihat sejak memasuki Bulan Rajab dan Bulan Sya'ban beberapa bulan terakhir ini. Pemandangan ini, memang sudah menjadi tradisi turun-temurun yang dilakoni oleh umat muslim sejak bertahun-tahun, agar  mendapatkan berkah dari para wali Allah. 

Kepada blokTuban.com Kepala Desa Bejagung, Aang Sutan mengatakan  menjelang Bulan Suci Ramadhan tahun ini, peziarah yang datang ke Makam Sunan Bejagung, tahun ini  meningkat drastis dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, seiring dengan melandainya Pandemi Covid-19. 

"Dua tahun peziarah yang datang  sepi karena adanya Pandemi, lalu tahun ini jelas meningkat," ujarnya, Rabu (15/3/2023). 

Selain Pandemi Covid-19 yang melandai, lanjutnya, meningkatnya kunjungan ini sendiri juga dilatarbelakangi karena sarana fasilitas bagi para peziarah, yang selalu diperbaiki dan ditambah setiap tahunnya. 

Bahkan menurutnya, kenaikan jumlah peziarah pada tahun ini cukup signifikan jika dibandingkan dengan hari-hari biasanya, yaitu sebanyak 40 hingga 60 persen. 

"Peziarah yang paling banyak biasanya dari daerah Bojonegoro, bahkan hampir 60 persen. Untuk jumlah peziarah sendiri per harinya kurang lebih 900 sampai 1000 orang," jelasnya. 

Lebih lanjut, dengan meningkatnya kunjungan peziarah di Makam Sunan Bejagung saat ini, maka Aang sapaan akrabnya berharap agar ke depannya wisata religi tersebut dapat lebih meningkatkan perekonomian warga sekitar. 

"Harapan kami dengan keberadaan Wisata Religi Sunan Bejagung disamping sebagai kekayaan warisan kearifan lokal, juga bisa memberikan efek dimino bermanfaat buat kesejahteraan perekonomian warga," imbuhnya. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

 

Tag : #ziarah , #jelang ramadhan, #sunan bejagung tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat