Jelang Ramadhan, Kunjungan Peziarah di Makam Sunan Bejagung Tuban Meningkat

Reporter: Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com - Menjelang datangnya Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriah, banyak masyarakat yang berbondong-bondong untuk berziarah ke sejumlah wali yang ada di Kabupaten Tuban, salah satunya ialah Makam Sunan Bejagung yang berada di Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. 

Peningkatan kunjungan peziarah sendiri, mulai terlihat sejak memasuki Bulan Rajab dan Bulan Sya'ban beberapa bulan terakhir ini. Pemandangan ini, memang sudah menjadi tradisi turun-temurun yang dilakoni oleh umat muslim sejak bertahun-tahun, agar  mendapatkan berkah dari para wali Allah. 

Kepada blokTuban.com Kepala Desa Bejagung, Aang Sutan mengatakan  menjelang Bulan Suci Ramadhan tahun ini, peziarah yang datang ke Makam Sunan Bejagung, tahun ini  meningkat drastis dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, seiring dengan melandainya Pandemi Covid-19. 

"Dua tahun peziarah yang datang  sepi karena adanya Pandemi, lalu tahun ini jelas meningkat," ujarnya, Rabu (15/3/2023). 

Selain Pandemi Covid-19 yang melandai, lanjutnya, meningkatnya kunjungan ini sendiri juga dilatarbelakangi karena sarana fasilitas bagi para peziarah, yang selalu diperbaiki dan ditambah setiap tahunnya. 

Bahkan menurutnya, kenaikan jumlah peziarah pada tahun ini cukup signifikan jika dibandingkan dengan hari-hari biasanya, yaitu sebanyak 40 hingga 60 persen. 

"Peziarah yang paling banyak biasanya dari daerah Bojonegoro, bahkan hampir 60 persen. Untuk jumlah peziarah sendiri per harinya kurang lebih 900 sampai 1000 orang," jelasnya. 

Lebih lanjut, dengan meningkatnya kunjungan peziarah di Makam Sunan Bejagung saat ini, maka Aang sapaan akrabnya berharap agar ke depannya wisata religi tersebut dapat lebih meningkatkan perekonomian warga sekitar. 

"Harapan kami dengan keberadaan Wisata Religi Sunan Bejagung disamping sebagai kekayaan warisan kearifan lokal, juga bisa memberikan efek dimino bermanfaat buat kesejahteraan perekonomian warga," imbuhnya. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS