Puluhan Siswa di Tuban Kunjungi Pabrik SI, Belajar Cara Buat Semen dan Kelola Tambang

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Sejumlah siswa dari Madrasah Aliyah (MA) Sains Bina Insan Kamil Tuban, melakukan kunjungan industri, ke PT Semen Indonesia (SIG) TBK (Persero) yang berada di Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. 

Kepala Sekolah MA BIna Insan Kamil Tuban, Teguh Pembudi Agung mengatakan kunjungan ini, dilakukan oleh pihaknya dalam rangka mengenalkan kepada para siswa proses kimiawi dalam pembuatan semen. 

"Karena tempatnya di Tuban maka para santri harus mengetahui lebih dalam. Selain itu, para santri juga belajar mulai dari pengenalan profil PT. SIG, proses kimiawi pembuatan semen, distribusi semen, pengolahan bekas tambang hingga berbagai macam kegiatan di PT. SIG," katanya kepada blokTuban.com saat dikonfirmasi, Kamis (9/3/2023). 

Di samping itu, Teguh sapaan akrabnya juga mengaku bahwa kunjungan tersebut, bukan hanya sebagai sara pembelajaran untuk para siswa saja. Akan tetapi, melalui hal ini pihaknua juga mewujudkannya dengan adanya ikatan dan kerjasama antara perusahaan dengan sekolah. 

Sementara Public Releation Officer PT Semen Indonesia, Arif Zainudin sangat menyambut baik kunjungan industri, yang diikuti oleh 22 santri, 5 gitu dan 8 wali murid dari Paguyuban Orang Tua Santri (POTS). 

"Kami merasa sangat senang dengan kunjungan santri MA Sains BIK Tuban, karena selama ini yang berkunjung dan belajar kebanyakan dari luar Tuban. Ini sebagai sesuatu yang membanggakan untuk kami dan kami siap menerimanya," ujarnya. 

Lebih lanjut, kegiatan kunjungan ini sendiri merupakan program, yang dilakukan dengan adanya kerjasama antara MA Sains Bina Insan Kamil Tuban dengan POTS, yang turut serta mendukung acara ini. 

Oleh karena itu, wali murid yang tergabung dalam POTS tersebut, berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya.

"Kegiatan semacam ini harus tetap dilaksanakan karena para santri bisa belajar langsung ke PT. SIG dan menjadi motivasi ke depannya," Ucap salah seorang perwakilan POTS, Rita. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS