18:00 . Catat! 3 Hal Harus Dijaga Saat Berkunjung ke Pemandian Bektiharjo Tuban   |   17:00 . Jadwal Bioskop NSC Tuban Hari Ini 27 Maret, Ada Jin Qorin   |   16:00 . Drawing Dibatalkan, Pecinta Sepakbola Indonesia Diharap Tenang   |   15:00 . Hari Kelima Ramadan, Sejumlah Bahan Pokok di Tuban Turun   |   14:00 . Kakek di Tuban yang Habisi Nyawa Tetangganya Diancam Hukuman 15 Tahun   |   13:00 . Sekelompok Pemuda Bermotor Kenalpot Brong di Tuban Bubarkan Diri dari Ring Road ke Merakurak   |   12:00 . Berikan Hak WBP, Lapas Tuban Fasilitasi Ujian Sekolah di Lapas   |   11:00 . Lirik Sholawat Turi Putih Ciptaan Sunan Giri, Dipopulerkan Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf   |   10:00 . Dok! Ini Perubahan Keputusan Cuti Bersama Lebaran Idul Fitri 2023 Selama 7 Hari   |   09:00 . Harga Emas Antam pada Pekan Pertama Ramadhan 27 Maret 2023 Turun di Level Rp1.087.000 Per Gram   |   08:00 . Hukum Sholat Tarawih Durasi Cepat di Bulan Ramadhan Lengkap Beserta Panduannya   |   07:00 . Ide Takjil Serba Pandan, Dari Buko Pandan hingga Roti Sobek Kukus   |   19:00 . Makanan Khas Warga Tuban Ini Hanya Ada Saat Ramadan   |   17:00 . Bubur Suro Masih Jadi Takjil Favorit Masyarakat di Tuban   |   15:00 . Dendam Lama Pujaan Hatinya Dibawa Kabur, Kakek di Tuban Habisi Tetangganya   |  
Tue, 28 March 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Gua Akbar di Bawah Pasar Baru Tuban Tembus hingga Kecamatan Rengel

bloktuban.com | Tuesday, 07 March 2023 22:00

Gua Akbar di Bawah Pasar Baru Tuban Tembus hingga Kecamatan Rengel Rony Firman menunjukkan lokasi gua Akbar yang diduga memiliki tembusan ke berbagai tempat. (bloktuban/nur)

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Diketahui sebelumnya pernah dilakukan penelitian ternyata gua Akbar yang berada di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan/Kabupaten Tuban bisa tembus hingga Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban.

Gua Akbar sendiri merupakan salah satu gua yang berada di pusat kota Kabupaten Tuban dan uniknya gua ini berada tepat di bawah pasar Baru Tuban. Denah gua ini sendiri dari jalur yang dibuat pengurus wisata setempat, memiliki panjang 1,2 kilometer.

Menurut Rony Firman Firdaus pengelola objek wisata Gua Akbar mengatakan bahwa, Gua Akbar masih memiliki potensi jalur tembusan di berbagai lokasi gua lainnya.

“Kemungkinan masih ada tembusan-tembusan lainnya,” ujar Rony Firman Firdaus kepada blokTuban.com, Selasa (7/03/2023).

Baca juga: Terletak di Bawah Pasar, Wisata Legendaris Tuban Ini Masih Jadi Favorit Wisatawan

Pendapat ini didasari dari penelitian yang dilakukan pengelola objek wisata pada tahun 90an dengan menghanyutkan berkarung-karung sekam padi di Desa Maibit, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, dan hasilnya ada beberapa sekam padi yang bermuara di gua Akbar.

Pria yang akrab disapa Rony ini menambahkan, bahwa  wilayah Kabupaten Tuban yang merupakan wilayah kars memungkinkan Gua akbar selain tersambung di Kecamatan Rengel juga ada kemungkinan terhubung ke daerah lain.

“Selain terhubung di Kecamatan Rengel bisa saja tembus ke wilayah lainnya,” ujar Rony.

Namun saat itu, Pengelola wisata tidak melanjutkan penelitian ini karena biaya pembersihan tanah dalam gua, bakal memakan waktu lama dan uang yang tak sedikit.

Sebagai tambahan, gua Akbar awalnya merupakan sebuah gua yang tidak difungsikan sebagai objek pariwisata, bahkan saat itu lokasi gua dijadikan masyarakat sebagai lokasi pembuangan sampah. Karena tak ada perawatan saat itu gua dipenuhi dengan semak belukar, dan baru  ditahun 1996, gua ini di bersihkan dan difungsikan sebagai lokasi wisata. Sampai saat ini wisata ini masih menjadi salah satu objek pariwisata primadona yang ada di Kabupaten Tuban.[Nur/Dwi] 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS

Tag : #gua akbar, #tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat