Rangkaian HUT Satpol PP, Satlinmas, dan Damkar 2023 di Tuban, dari Kirab hingga Gebyar Sunset

Kontributor : Nur Qur'ani Mulia*

blokTuban.com - Tinggal menghitung hari lagi pelaksanaan perayaaan HUT ke-73 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), HUT ke-61 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), dan HUT ke-104 Pemadam kebakaran dan penyelamatan (Damkar) tahun 2023 se-Jawa Timur yang akan di selenggarakan di Kabupaten Tuban pada 7-8 Maret 2023.

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Tuban dan Provinsi Jawa Timur untuk menyukseskan acara tersebut. Kasatpol PP dan Pemadam Kebakaran Tuban, Gunadi (52 tahun) mengatakan bahwa persiapan sudah mencapai 70 persen mulai dari susunan acara sampai selesai. Di mana acara dimulai sejak 7 Maret pagi sampai 8 Maret siang.

“Pada saat tanggal 7 pagi rencana kita adakan kirab bendera dan jalan sehat, jadi gambaran kirab benderanya itu termasuk susunanya, jadi yang depan ada patwal di lanjut drumband. Kemudian kita kirab bendera merah putih dan bendera lambang provinsi jawa timur kemudian di susul dengan 3 bendera yaitu bendera Satpol PP, bendera Salinmas, dan bendera Damkar serta di belakang itu di lanjut 38 lambang kabupaten kota kemudian Barongsai dan di lanjut jalan sehat,” Ujar Kasatpol saat di wawancarai di kantor, Kamis (2/3/2023).

Gunadi memperkirakan peserta jalan sehat kurang lebih 1000 sampai 1200 orang. Diketahui, acara akan berlangsung cukup meriah yang tak hanya mengadakan kirab dan jalan sehat, Kabupaten Tuban juga merangkai acara yang cukup menarik seperti ziarah bersama, gebyar sunset kemudian saat malam hari di lanjut bakar ikan bersama.

“Nanti sekitar pukul 16.00 WIB kita adakan salat berjamaah di Masjid Agung dan di lanjut ziarah di Makam Sunan Bonang. Karena agenda tersebut sudah menjadi adat setiap hari ulang tahun Satpol, setelah itu kita gebyar sunset bersama seluruh kabupaten di pantai boom dan di lanjut bakar ikan bersama,” Jelasnya.

Diketahui, agenda untuk tanggal 8 adalah puncak perayaan yang akan dilakukan upacara pada formalnya. Setelah upacara ada lomba defile antar 38 kabupaten kota, kemudian yang tak kalah menarik Kabupaten Tuban juga akan menyajikan tari kolosal dan ada tari Jandor yaitu modifikasi tari gendruwo ayon-ayon dan masih ada banyak agenda lainya.

“Semoga acara berlangsung sesuai rencana dan berjalan dengan lancar dan mohon doa restunya," tutup Kasatpol PP Tuban. [Lia/Ali]

 

*: Penulis merupakan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang magang di kantor redaksi blokTuban.com di Jalan Pramuka II No.19 kelurahan Sidorejo, Tuban. 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS