19:00 . Menyedihkan! Berprestasi hingga Nasional, 2 Siswa SD di Tuban Tak dapat Apresiasi dari Pemkab   |   14:00 . Dikunjungi Penilai Adipura Kencana, Jalanan Tuban Kota Belum Seteril dari Bendera Partai   |   11:00 . Ide Jualan Kue Lumpur Labu Kuning Ekonomis Tanpa Telur   |   10:00 . Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 61 September 2023 Dibuka! Dapatkan Insentif Sebesar Rp 4,2 Juta   |   09:30 . Pak Labi, Lokal Hero Bangkep yang Selamatkan Alam Dengan Ternak Lebah Madu   |   09:00 . Empat Superhero dari Kampung Energi   |   08:00 . Amalkan Ayat 1000 Dinar, Hidup Aman dan Sejahtera   |   07:00 . Peringati Hari Tani dan Panen Raya, Warga Tuban Arak Tumpeng dan Gunungan Raksasa   |   19:00 . Kemarau Jadi Tantangan Bagi Pembudidaya Jamur Tiram di Palang Tuban   |   18:00 . Bingung Mau Nyoblos tapi Masih di Luar Kota? Begini Cara Ajukan Pindah Memilih   |   17:00 . Taman Sleko, Rekomendasi Tempat Nongkrong yang Nyaman di Tuban   |   16:00 . Tiga Kecamatan di Tuban Semakin Gerah, Suhunya Capai 35⁰ Celcius   |   15:00 . Kawasan Hutan Sekitar Area Kilang GRR Tuban Terus Diawasi   |   14:15 . Teknologi Karbon Mulai Diterapkan di Lapangan Sukowati   |   13:00 . Puluhan PPS dan PPK Tuban Mundur dengan Alasan Sama   |  
Tue, 26 September 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Angin Kencang, BMKG Tuban Perkirakan Potensi Gelombang Laut Setinggi 2,5 Meter

bloktuban.com | Monday, 27 February 2023 17:00

Angin Kencang, BMKG Tuban Perkirakan Potensi Gelombang Laut Setinggi 2,5 Meter BMKG memprediksi gelombang laut bisa mencapai setinggi 2,5 meter. (bloktuban/dok)

Reporter : Muhammad Nurkholis

 

blokTuban.com –  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban mengeluarkan himbauan  adanya potensi angin kencang di wilayah Jawa Timur.

Saat ini Wilayah Jawa Timur tak terkecuali Kabupaten Tuban masih dalam puncak musim hujan dan masih terdapat potensi angin kencang.

Menurut Kepala BMKG Kabupaten Tuban Zem irianto Padama, hasil analisis dinamika atmosfer terkini wilayah Jawa Timur menunjukkan adanya aliran masa udara dari Benua Asia dan terdapat pusat tekanan rendah di wilayah utara Australia.

“Jawa Timur menunjukkan adanya aliran massa udara dari benua Asia dan juga terdapat pusat tekanan rendah di wilayah utara Australia sebesar 1002 milibar yang diperkirakan akan menurun hingga 999 milibar dalam dua hari kedepan,” ujar Kepala BMKG Kabupaten Tuban Zem irianto Padama, kepada blokTuban.com, Senin (27/02/2023).

Dengan adanya fenomena tersebut mengakibatkan adanya peningkatnya kecepatan angin hingga mencapai 35 knot atau jika di konversi ke Kilometer mencapai 65 km per jam. Dan pada 5 hari kedepan yaitu 27 Februari hingga 2 Maret 2023 wilayah Tuban memiliki potensi angin kencang.

Sedangkan untuk gelombang selama periode potensi angin kencang Ini di wilayah Kabupaten Tuban diperkirakan ketinggian gelombang  bisa mencapai 2,5 meter.

Dengan ketinggian gelombang  tersebut pria yang sering dipanggil Zem ini menjelaskan, untuk perahu nelayan atau kapal yang tonase kecil tentunya dengan gelombang setinggi itu akan berbahaya dan sangat tidak nyaman untuk berlayar.

Untuk mengantisipasi adanya dampak negatif dari potensi angin kencang ini, Zem menghimbau agar masyarakat memangkas pepohonan yang terlalu rindang yang ada di sekitar rumah atau pekarangan agar tidak membahayakan.

selain itu juga ia menghimbau kepada para nelayan agar selalu berhati-hati ketika hendak melaut, dan selalu memantau perkembangan cuaca di berbagai situs media sosial BMKG Kabupaten Tuban.[Nur/Dwi]

 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

 

Tag : BMKG TTuban, angin kencang, gelombang laut



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...
-->

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 14 August 2023 11:00

    blokTuban.com Kembali Dipercaya UTM Tempat Praktik MSIB

    blokTuban.com Kembali Dipercaya UTM Tempat Praktik MSIB PT Blok Tuban Promosindo yang menaungi website blokTuban.com kembali mendapat kepercayaan dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) sebagai tempat praktik Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) tahun 2023, Senin (14/8/2023)....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat