Angin Kencang, BMKG Tuban Perkirakan Potensi Gelombang Laut Setinggi 2,5 Meter

Reporter : Muhammad Nurkholis

 

blokTuban.com –  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban mengeluarkan himbauan  adanya potensi angin kencang di wilayah Jawa Timur.

Saat ini Wilayah Jawa Timur tak terkecuali Kabupaten Tuban masih dalam puncak musim hujan dan masih terdapat potensi angin kencang.

Menurut Kepala BMKG Kabupaten Tuban Zem irianto Padama, hasil analisis dinamika atmosfer terkini wilayah Jawa Timur menunjukkan adanya aliran masa udara dari Benua Asia dan terdapat pusat tekanan rendah di wilayah utara Australia.

“Jawa Timur menunjukkan adanya aliran massa udara dari benua Asia dan juga terdapat pusat tekanan rendah di wilayah utara Australia sebesar 1002 milibar yang diperkirakan akan menurun hingga 999 milibar dalam dua hari kedepan,” ujar Kepala BMKG Kabupaten Tuban Zem irianto Padama, kepada blokTuban.com, Senin (27/02/2023).

Dengan adanya fenomena tersebut mengakibatkan adanya peningkatnya kecepatan angin hingga mencapai 35 knot atau jika di konversi ke Kilometer mencapai 65 km per jam. Dan pada 5 hari kedepan yaitu 27 Februari hingga 2 Maret 2023 wilayah Tuban memiliki potensi angin kencang.

Sedangkan untuk gelombang selama periode potensi angin kencang Ini di wilayah Kabupaten Tuban diperkirakan ketinggian gelombang  bisa mencapai 2,5 meter.

Dengan ketinggian gelombang  tersebut pria yang sering dipanggil Zem ini menjelaskan, untuk perahu nelayan atau kapal yang tonase kecil tentunya dengan gelombang setinggi itu akan berbahaya dan sangat tidak nyaman untuk berlayar.

Untuk mengantisipasi adanya dampak negatif dari potensi angin kencang ini, Zem menghimbau agar masyarakat memangkas pepohonan yang terlalu rindang yang ada di sekitar rumah atau pekarangan agar tidak membahayakan.

selain itu juga ia menghimbau kepada para nelayan agar selalu berhati-hati ketika hendak melaut, dan selalu memantau perkembangan cuaca di berbagai situs media sosial BMKG Kabupaten Tuban.[Nur/Dwi]

 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS