Razia Lapas kelas II B Tuban, Petugas Malah Temukan Barang-barang Unik

Reporter: Muhammad Nurkholis

 

blokTuban.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Tuban, Jawa Timur kembali melakukan razia di kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari penggeledahan tersebut, ditemukan beberapa barang unik hasil kreativitas para napi, Sabtu (25/02/2023).

Dalam kegiatan razia kali ini turut hadir dari pihak Kepolisian, TNI, dan juga Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban.  Tujuan utama dari sidak hari ini ialah  untuk pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap narkotika yang ada di dalam Lapas.

Kepala Lapas Kelas IIB Siswarno, mengatakan bahwa kegiatan razia ini merupakan sebuah kegiatan rutin yang dilakukan oleh pihaknya.

“Ini merupakan kegiatan rutin yang kita lakukan setiap 2 minggu sekali,” ujarnya kepada blokTuban.com, Sabtu (25/02/2023).

Dari hasil razia  yang dilakukan di 6 kamar hunian WBP, petugas tidak menemukan barang bukti narkotika sama sekali.

Namun dari hasil temuan petugas malah menemukan barang-barang unik hasil modifikasi dari penghuni Lapas, seperti gagang sendok yang diruncingkan dan difungsikan sebagai pisau, bungkus rokok yang dipotong kecil-kecil dan digambar menjadi kartu remi dan domino, serta bola dari karet bekas pembungkus nasi berukuran dua kepal tangan orang dewasa dan ada satu lagi yang unik yaitu barbel dari bekas baterai radio yang disatukan.

Untuk  menjaga keamanan lapas selain mengamankan barang-barang unik tadi petugas juga menyita ikat pinggang, botol parfum dan beberapa sendok karena  disinyalir barang-barang tersebut bisa memicu dampak negatif.

“Semua barang-barang yang dapat memicu hal negatif Kita amankan,” tambahnya.

Setelah penggeledahan para penghuni Lapas akan diminta untuk melakukan tes urin, dan kurang lebih terdapat 28 orang yang mengikuti tes urine ini,  dalam hasil tes urine ini tidak ditemukan penghuni Lapas yang positif menggunakan narkotika.

Selanjutnya untuk barang-barang sitaan yang telah dikumpulkan oleh petugas tadi nantinya akan dilakukan pemusnahan terhadap barang-barang tersebut.

“Nantinya barang-barang tersebut akan kita musnahkan,” tutupnya.[Nur/Dwi]

 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS