Uji Coba Operasional Ring Road, Arus Kendaraan Besar di Tuban Dialihkan

Reporter: Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com - Kendaraan besar yang melintas di Kabupaten Tuban, baik dari arah Babat, Paciran, maupun Rembang mulai hari Rabu pukul 14.00 Wib akan dialihkan ke Jalan Ring Road, guna dilakukan uji coba pengalihan arus kendaraan. 

Kasatlantas Polres Tuban, AKP Kadek Aditya Yasa Putra mengungkapkan jika  pengalihan arus yang akan diuji coba melalui Jalan Ring Road, diperuntukkan bagi kendaraan besar yang melintas di Kabupaten Tuban, kecuali bus serta roda empat. 

"Bus dan kendaraan roda empat masih tetap jalur biasa. Ini percobaannya akan dilaksanakan selama enam hari," ujarnya kepada sejumlah awak media saat ditemui, Rabu (15/2/2023). 

Adapun jam pelaksanaan uji coba pengalihan arus sendiri, lanjutnya, dijadwalkan sekira pukul 08.00 Wib sampai 14.00 Wib pada Hari Senin hingga Rabu. Sementara pada Hari Rabu sampai Jumat, pengalihan arus dijadwalkan pukul 14.00 Wib hingga 18.00 Wib. 

Dengan adanya uji coba pengalihan arus ini, maka pihaknya berharap agar saat mudik lebaran mendatang, arus kendaraan di Kabupaten Tuban menjadi lebih lancar dari biasanya.

 

Kasatlantas Polres Tuban, AKP Kadek Aditya Yasa Putra memberikan keterangan kepada awak media. (bloktuban/ sav)

"Rekayasa ini dari awal memang karena sebelum ada Ring Road, jalur biasa ini adalah satu-satunya. Jadi kendaraan yang melewati jalur biasa sudah sangat padat, sehingga dengan adanya Ring Road ini harapannya, masyarakat bebas beraktivitas dan tidak macet," sambungnya. 

Sementara, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Kabupaten Tuban, Yuli Imam Isdarmawan mengatakan bahwa pengalihan kendaraan besar ini merupakan simulasi uji coba operasional Rong Road, jika nanti pekerjaannya sudah selesai 100 persen. 

Oleh karena itu, tahapan atau uji coba yang dilakukan saat ini, petugas diharapkan bisa mendapat data sebagai bahan Analisa Evaluasi (Anev), untuk kebijakan yang akan diambil ke depannya.  Selain itu, hal ini juga dilakukan dengan tujuan untuk memetakan kondisi lalu lintas di wilayah dalam Kota Tuban. 

"Melihat kesiapan ringroad apabila beroperasi penuh kedepannya, serta untuk mengetahui Sarpras (Sarana Prasarana) apa saja yg belum terpenuhi dan sebagai bahan Anev  manajemen rekayasa lalu lintas dalam kota," paparnya. 

Lebih lanjut, Imam sapaan akrabnya, menambahkan jika selama masa uji coba ini berlangsung, maka akan ada petugas yang menjaga jalan, guna mengarahkan pengemudi. Baik dari personel Satlantas Polres Tuban maupun petugas dari DLHP bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Tuban. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS