Adab Berdoa dan Memohon  Umat Islam Kepada Allah SWT

Oleh: Dwi Rahayu

 

blokTuban.com – Umat Islam yang berdoa setiap saat, artinya tidak ada manusia yang tidak membutuhkan rahmat Allah SWT. 

Dalam berdoa menurut Ahmad bin Abdullah Isa, seperti yang termuat di buku Ensiklopedia Doa dan Wirid Shahih Berdasarkan Alquran dan Hadist yang diterbitkan Pustaka Elba, 2006 terdapat adab-adab berdoa.

Berikut ini beberapa adab yang harus diperhatikan umat Islam dalam berdoa:

1) Menghadap kiblat saat berdoa

Memulai doa dengan memuji Allah dan mengucap shalawat serta salam kepada Nabi Muhammad SAW, lalu mengakhirinya juga dengan memuji Allah dan mengucap shalawat serta salam kepada Nabi Muhammad SAW.

 

2) Mengangkat kedua tangan

Berdoa dengan mengangkat kedua tangan sampai setinggi pundak, sambil membeber kedua telapak tangan. Hal ini dilakukan pada selain kondisi setelah mengerjakan shalat fardhu.

 

3) Bersuci terlebih dahulu

Sebelum berdoa alangkah baiknya berwudhu, bersiwak atau menggosok gigi dan memakai wangi-wangian sebelum berdoa, jika hal ini bisa dikerjakan. Mengulangi setiap doa yang diucapkan sebanyak tiga kali.

 

4) Mengatur volume suara berdoa

Pertengahan antara terlalu mengeraskan suara dan tidak juga tanpa suara sama sekali. Disertai dengan kekhusyuan, kepatuhan, dan pengharapan yang besar akan dikabulkannya doa tersebut.

 

5) Berdoa di segala situasi

Selalu berdoa pada setiap keadaan. Yaitu, saat susah dan bahagia. Bukan seperti kebanyakan orang yang hanya berdoa saat tertimpa bencana dan malapetaka saja.

 

6) Berdoa dengan hati 

Mengakui dosa yang dikerjakan, juga nikmat yang dikaruniakan Allah kepadanya saat berdoa. Tidak berdoa untuk suatu keburukan atas keluarga, harta, anak, dan jiwa.

 

7) Bertawasul

Berdoa kepada Allah sambil ber-tawasul dengan tawasul yang disyariatkan. Seperti, berdoa dengan menyebut nama Allah Yang Agung, jika Allah dimintai dengan nama itu, pasti Dia mengabulkan permintaan tersebut. Berdoa seperti doa Nabi Yunus. Berdoa kepada Allah dengan menyebut Asmaul Husna. Berdoa dengan menyebut amal-amal shalih yang telah dikerjakan oleh orang yang berdoa.

Itulah adab-adab ketika berdoa bagi umat Islam. Berdoa tentunya hanya memohon kepada Allah SWT saja disertai kinginan kuat, kemauan keras, dan kesungguhan dalam berdoa.

 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS