Angkat Potensi Kesenian Tuban Melalui Ukiran Kayu

Reporter : Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com – Megukir adalah suatu kegiatan  mengolah permukaan suatu  objek trimatra,  dengan membuat perbedaan ketinggian dari permukaan tertentu. Sehinngga terdapat imajinasi yang dapat menghasikan sebuah karya tertentu.

Di Indonesia,  saat  ini sudah banyak seniman seni rupa yang menghasilka berbagai karya  unik. Salah seorang seniman berbakat, rupanya juga  ada  di Kabupaten Tuban. Ia adalah Putra Hadi Mulyono, pria  asal Desa Tegalagung,  Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Selain menciptaka karya  yang luar biasa, rupanya pria ramah ini juga memiliki  keinginan untuk mengangkat potensi daerah Tuban,  melalui karya-karya yang telah ia buat.

“Ini saya membuat  ukiran meyerupai  pohon siwalan, yang merupakan salah satu ciri khas di Tuban. Dengan  begitu harapannya bisa potensi yang ada bisa lebih dikenal,” katanya kepada blokTuban.com sambil menunjukkan hasil karyanya, Sabtu (11/2/2023).

Dalam membuat suatu karya, lanjutnya, karya ukir yang dibuatnya tersebut, kebanyakan tidak  pernah tahu akan jadi seperti apa. Pasalnya, ia hanya mengikuti ide fikiran yang ada di kepalanya. Bahkan, saat ide itu muncul ia tidak bisa berhenti untuk mengukir, sampai karya tersebut jadi.

“Tapi mengukir itu tidak harus nonstop, saat kita membuat sobekan kita harus diam dan melihat dan mengamati dia mau jadi apa. Lamanya disitu, mengeluarkan ide kreatif untuk menjadi sebuah karya,” katanya.

Lebih lanjut, dalam kurang lebih tiga tahun menggeluti dunia ini, karya yang  paling berkesan di  hatinya ialah karya  ukiran pertamanya yang terbuat dari lumpang. Sebab,  awal mula perjalanan karirnya dimulai dari karya tersebut.

Selain mengenalkan potensi-potensi yang ada di Kabupaten Tuban melalui sebuah karya, melalui bidang ini, ia juga ingin menyampaikan kepada generasi muda yang ada di Kabupaten Tuban, untuk  terus mengasah kemampuan yang ada pada diri sendiri.

Bukan hanya mengandalkan bekerja di perusahaan orang lain ataupun menikmati harta orangtua. Sebab, denga begitu akan banyak hal yang bisa dicapai. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS