Mahasiswa KKN Unang Tuban Dampingi UMKM Panyuran Terbitkan NIB

Reporter : Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 1 Universitas Sunan Bonang (Unang) Tuban, melakukan sosialisasi dan pendampingan puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yang berada di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, bertempat di Kantor Kelurahan Kecamatan Palang, untuk mengurus Nomor Induk Sementara (NIB). 

Kegiatan ini sendiri, dilakukan oleh Mahasiswa bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, melalui Dinas Penanaman Modal, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) serta Pemerintah Desa (Pemdes) setempat. 

Baca juga: Erick Thohir: BUMN Terus Dorong UMKM Naik Kelas Melalui Pasar Digital

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Kelompok 1 Unang, Dr. Kristiawan, SP., MM mengungkapkan jika kegiatan ini dilakukan guna menjembatani Pemkab Tuban dengan para pelaku UMKM, yang berada di sekitar wilayah Kelurahan Panyuran.

"Untuk bisa membantu masyarakat untuk mengurus NIB, karena ini sangat penting untuk UMKM, jika akan mengurus sertifikat halal ataupun yang lainnya, karena harus melalui NIB dulu," ujarnya, Rabu (8/2/2023). 

Senada, Ketua KKN Kelompok 1 Unang, Verina Alifia Rachmatika mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, jika NIB sangat diperlukan dalam mengembangkan kewirausahaan. 

Baca juga: BLT BBM Senilai Rp107,5 Juta Kembali ke Rekening Pemkab Tuban, 9 Alasan Ini Sebabnya

Pasalnya, NIB sendiri sangat penting untuk dimiliki para pelaku UMKM, lantaran sebagai legalitas serta dapat memudahkan pelaku usaha dalam memperoleh legalitas perusahaan dan memperoleh dokumen lainnya, seperti NPWP hingga SIUP. 

Selain itu, NIB juga dapat digunakan sebagai salah satu syarat dalam pembuatan Sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), maupun produk halal.

"Yang datang ini hampir 150 peserta, masyarakatnya Alhamdulillah sangat antusias sekali, jauh dari perkiraan kami," jelasnya. 

Baca juga: 100 Tenda EMCL untuk UMKM se-Tuban

Sementara salah seorang peserta, Abdullah mengaku sangat senang dengan diadakannya pendampingan dalam mengurus NIB. Sebab menurutnya, ini adalah kali pertama kegiatan seperti ini dilakukan di tempat tinggalnya, sehingga ia sangat merasa terbantu. 

"Semoga dengan ini usaha saya semakin berkembang, karena memang kalau disini baru pertama kali ini diadakan. Maka dari itu masyarakat senang apalagi gratis, kalau mengurus sendiri kan agak susah," papar pria pemilik warung tersebut. [Sav/Dwi] 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS