100 Tenda EMCL untuk UMKM se-Tuban

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Tuban diharapkan lebih semangat berinovasi setelah mendapat bantuan tenda kerucut dari ExxonMobil Cepu Limited (EMCL). Sebanyak 100 buah tenda diserahkan perusahaan Migas itu kepada Pemerintah Kabupaten Tuban. 

Pembagian tenda kerucut tersebut dikoordinir oleh Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Tuban. Salah satunya diperuntukkan UMKM di wilayah Kecamatan Jatirogo. Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky menyerahkan tenda kerucut kepada Karang Taruna (Kartar) Kecamatan Jatirogo di Pendopo Krida Manunggal Tuban. 

Kepala Diskopumdag Tuban, Agus Wijaya mengungkapkan penyerahan bantuan tenda kerucut merupakan wujud kolaborasi antara Pemkab tuban dan ExxonMobil. Bantuan tenda ini untuk mengakomodir permohonan pengurus Karang Taruna Jatirogo dalam rangka pengembangan ekonomi kreatif. 

"Kami menerima tenda kerucut sebanyak 45 unit pada tahun 2022. Rencananya, pada tahun 2023 jumlah yang diterima meningkat menjadi 55 unit. Total bantuan tenda dari ExxonMobil sebanyak 100 unit,” jelasnya, Senin (16/1/2023).

Agus Wijaya berpesan bantuan tenda harus dirawat dan dimanfaatkan dengan baik. Utamanya untuk pengembangan ekonomi kreatif dan UMKM masyarakat. “Pengurus Karang Karuna harus memanfaatkannya dengan bijak,” terangnya. Tujuan akhirnya mendukung pertumbuhan perekonomian di masyarakat.

Sementara itu, perwakilan Karang Taruna Jatirogo, Arya Duta Wisnu Dewangga berterima kasih atas bantuan 10 unit tenda kerucut. Menurutnya, adanya tenda kerucut sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di kecamatan Jatirogo. “Tenda tersebut akan kami gunakan pada sejumlah event yang akan kami gelar mendatang,” ujarnya.

Arya Duta mengatakan Kartar Jatirogo akan bekerja sama dengan paguyuban UMKM Jatirogo untuk pengelolaan tenda. Tujuannya, agar seluruh pelaku UMKM dan ekonomi kreatif dapat merasakan manfaat yang sama dari bantuan tersebut. “Kami berkomitmen menjaganya dan mengelolanya sebaik mungkin,” tandasnya. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS