Berkah Imlek, Penjual Burung Pipit Asal Jombang Untung Jutaan Rupiah

Reporter: Muhammad Nurkholis

 

blokTuban.com –  Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili yang jatuh pada 22 Januari 2023 menjadi berkah tersendiri bagi penjual burung pipit, yang berlokasi di  depan Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban, Sabtu (21/01/2023).

Joko Samudra (40) warga Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang rela menempuh jarak puluhan kilo untuk menjual burung pipit di depan pintu gerbang TITD Kwan Sing Bio Tuban bahkan ia sudah mulai berjualan burung pipit saat imlek di Tuban sedari 2013 silam.

“Saya pertama kali berjualan di Tuban pada tahun 2013,” ujar Joko Samudra (40)  kepada blokTuban.com.

Ia memilih TITD Kwan Sing Bio Tuban dikarenakan di lokasi ini merupakan salah satu klenteng terbesar di Asia Tenggara serta salah satu klenteng tertua di Jawa yang menjadikan lebih banyak orang yang datang dibandingkan lokasi lainnya.

Joko datang ke TITD Kwan Sing Bio pada Sabtu (21/01/2023) pagi dengan ditemani oleh 4 temannya yang juga dari Jombang. Dalam sekali berangkat Joko membawa burung pipit sebanyak 800 hingga 1.000 ekor burung.

“Dalam satu sangkar ini ada kalau 800 hingga 1.000 burung pipit,” tambahnya.

Burung pipit ini didapatkan dari salah satu pengepul burung yang ada di Jombang dan Joko membeli burung-burung ini seharga Rp500 setiap ekornya. Dengan adanya momen Tahun Baru Imlek ia bisa menjual burung tersebut seharga 2 ribu Rupiah per ekor. Dengan begitu ia mendapatkan untung Rp1.500 per burung, jika di kali 1.000 burung, ia bisa mengantongi untung Rp1,5 juta.

Dan nantinya jika dalam satu hari ini burung-burung ini habis ia akan menelepon pengepul burung untuk dikirim lagi burung-burung tersebut ke Tuban.

“Kalu nanti habis minta setor lagi mas, tapi jika sampai Minggu belum habis ya pulang. Biasanya untuk pembeli burung ada yang membeli puluhan ekor kadang ada juga yang langsung memborong semua burung,” ujarnya.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS