Bingung Mencari Souvenir di Lamongan, Datang Aja ke 12 Tempat Ini

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Tak terasa kita sudah tiba di akhir pekan. Setelah sibuk dengan rutininas harian, tak ada salahnya mengapresiasi diri dengan cara berkunjung ke sebuah tempat seperti di Kabupaten Lamongan. 

Daerah yang tersohor kuliner Sotonya ini, ternyata memiliki souvenir yang cantik. Jadi, jangan sampai melewatkan souvenir khas Lamongan. Mengutip situs amongantourism.com, terdapat 12 lokasi yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. 

Berikut ini ulasan ke-12 lokasi mencari souvenir di Kabupaten Lamongan:

 

1. Batik Sendang 

Wisatawan dapat langsung meluncur ke Desa Sendang Duwur, Kecamatan Paciran, Lamongan. Di tempat ini kalian akan melihat beragam motif batik Sendang yang menawan. Goresan gambar batik Sendang memiliki detail yang rumit dan detail. Para pengrajin pun dituntut memiliki kesabaran dan ketelatenan. 

Ciri khas batik Sendang lamongan adalah motif burung Slempang, motif gapuro tanjung kodok, motif paten, motif pathetan, motif gendang ceplik bandeng lele, dan sebagainya.

2. R & D Handicraft

Tempat souvenir selanjutnya ada di Jalan Sunan Kalijaga No.120, Sukomulyo, Sukorejo, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan. Namanya R & D Handicraft yang menjadi salah satu pusatnya kerajinan di Lamongan. 

Hasil kerajinannya juga sangat bagus dan gak kalah dengan produk luar. Soal harga kalian tak usah khawatir karena cukup murah, kualitas barangnya juga bagus, kuat dan tahan lama.

3. Tas Rajut

Berikutnya kita akan disuguhkan kerajinan rajut terkenal di Lamongan. Lokasi produksi tas rajut ini berada di Somosari, Kalitengah, Lamongan. Produk yang ditawarkan berupa tas wanita dengan berbagai model yang trendie, unik dan menarik. 

Walaupun terbuat dari benang yang dirajut, tas ini mampu bersaing dengan tas-tas berbahan lainnya. Harga yang ditawarkan pun cukup beragam.

 

4. Tas Batok Kelapa 

Siapa yang mengira bahwa limbah batok kelapa bisa diolah menjadi souvenir cantik seperti batok kelapa. Lokasi produksinya berada di Kelurahan Tlogoanyar Lamongan.

Eksotik adalah kesan pertama bagi siapapun yang melihatnya. Pecahan tempurung kelapa dibentuk lingkaran kecil-kecil sesuai kebutuhan dengan sebuah alat khusus.

Selain dijual dipasaran lokal daerah wisata seperti Jogja dan Pulau Dewata Bali, tas yang dominan warna coklat ini ini, juga melayani pelanggaan dari pasaran Meksiko, Australi serta Iran. Bahkan laris manis di pasaran Jamaika, Afrika Selatan. Harga tas yang ditawarkan tergolong murah. Satu tas hanya dipatok dengan harga mulai dari Rp.20.000 hingga Rp.150.000

 

5. Tas Enceng Gondok 

Berada di pusat souvenir Pemprov Jatim, Wisata Bahari Lamongan (WBL), maupun di sebagian toko di Lamongan tas enceng gondok dibandrol dengan harga terjangkau. Harganya bervariasi mulai Rp 10.000 hingga ratusan ribu tergantung besar, bahan dan rumitnya motif yang disuguhkan. 

Selain dapat memilah dan membeli souvenir cantik ini, para pengunjung juga bisa melihat langsung cara pembuatannya di sentra ini.

Tidak hanya diminati di daerah Lamongan, namun juga sudah menembus pasar internasional seperti Malaysia, Amerika dan beberapa negara lainnya.

 

6. Showroom Disperindag 

Showroom Disperindag Lamongan mudah untuk ditemukan, karena berlokasi di Jl. Panglima Sudirman No.94, Banjar Anyar, Banjarmendalan, Kec/Kab. Lamongan. 

Di dalam showroom terdapat aneka souvenir seperti, kain batik dan kerajinan lainnya yang biasa dijadikan sebagai bahan pameran.

 

7. Lampu Hias Pipa

Bagi pecinta lampu hias direkomendasikan untuk membeli souvenir satu ini. Kerajinan tersebut diproduksi oleh warga Desa Klagensramprat, Kecamatan Maduran. Harga yang ditawarkan mulai Rp 125.000 hinggal Rp 150.000 per buah.

Pipa paralon yang umumnya untuk mengalirkan air kini disulap menjadi lampu hias berbagai bentuk dan ornamen yang cantik dan sedap dipandang mata. 

Proses pembuatan lampu hias ini membutuhkan waktu yang beragam, bergantung tingkat kesulitannya. Semakin rumit gambar maka proses pembuatannya akan semakin lama. 

 

8. Gerabah Kaliotik

Kerajinan Gerabah khas Lamongan dapat ditemukan di Kaliotik, Desa Tumenggungan, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan. Harganya pun bervariasi, mulai Rp10.000 hingga Rp500.000.

Kerajinan gerabah ini merupakan satu-satunya di Lamongan. Kebanyakan produk yang dihasilkannya berupa vas bunga mulai dari ukuran kecil hingga besar. 

 

9. Lamongan Mart Kreatif 

Pengunjung Lamongan akan rugi jika tidak menyempatkan mampir ke Lamongan Mart Kreatif. Pusat souvenir satu ini berada di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Beringin, Sidokumpul, Lamongan.

Dibangun Pemkab Lamongan untuk membantu dan wadah pelaku UMKM. Sebagai bentuk mewujudkan perekonomian warga Lamongan yang stabil, maka bangunan ini mempunyai peran yang sangat spesifikan bagi pengusaha di Lamongan.

 

10. Tenun Ikat Paradila

Butik yang satu ini berada di Desa Parengan, Kecamatan Maduran, Lamongan. Di sini tersedia kain dan pakaian jadi seperti baju dan sarung, serta perlengkapan perabot hasil kerajinan tenun ikat yang berkualitas. 

Butik Paradila ini hanya menggunakan benang bermutu tinggi. Selain itu kualitas benangnya juga bagus seperti dari Cina dan India. Beberapa jenis benang yang digunakan di butik ini yaitu seperti Mercerized, Stafel Fiber dan Sutera, dimana ketiga benang yang digunakan disini secara berurutan menunjukkan kualitas yang bagus.

 

11. Pusat Jajanan 

Siapa sih yang tidak hobi makan? Tentu semua wisatawan butuh asupan makanan saat datang ke suatu tempat seperti di Lamongan. Sepanjang Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kabupaten Lamongan menjadi pusat jajanan yang memanjakan pengunjung. 

Di sepanjang ruas jalan terdapat banyak pilihan buah tangan yang bisa dibeli di Pusat Jajanan ini.

 

12. Kerajinan Tikar 

Tak hanya terkenal dengan tas rajut enceng gondok, Lamongan juga memiliki produk kerajinan tikar dengan kualitas tinggi. Salah satu usaha kerajinan yang terkenal di Lamongan adalah kerajinan tikar H. Syamsuri. Kerajinan ini beralamatkan di Jalan Sunan Drajad gang 1, Kauman, Sidoharjo, Lamongan.

Itulah ulasan 12 lokasi souvenir di Kabupaten Lamongan. Jadi, jangan bingung lagi ya mencari oleh-oleh saat berkunjung ke Lamongan. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS