Rawan Kecelakaan, Sebanyak 84 Lampu PJU Terpasang di Ringroad Tuban Selama 2022

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com  - Minimnya fasilitas lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di Jalan Ringroad, yang berada di Kecamatann Semanding, Kabupaten Tuban, menjadi salah satu penyebab terjadi kecelakaan di tempat tersebut.

Oleh karena itu, sepanjang tahun 2022 lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Tuban, telah memasang puluhan Lampu PJU di area itu, sebagai fasilitas umum bagi masyarakat yang melintas.

Kepala Bidang PJU DLHP Tuban, Sumarno mengungkapkan jika sepanjang tahun 2022 ini, pihaknya telah memasang  lampu PJU sebanyak 84 titik di jalan tersebut.

baca juga: Minim PJU, L300 Tabrak Material Pembangunan Aliran Air di Jalan Letda Sucipto Tuban

“Yang pasangan lama 55 titik Tahun 2022 ini, saya pasa jaringannya atau kabelnya dan saya tambahi lagi 29 titik,” ujarnya kepada blokTuban.com saat dikonfirmasi, Kamis (5/1/2023).

Kendati sudah cukup banyak lampu PJU yang terpasang, lanjut Marno, sapaan akrabnya, untuk ke depannya tidak menutup kemungkinan jika aka nada penambahan lampu PJU di lokasi itu.

Pasalnya, pada tahun 2023 Pemerintah Pusat akan kembali membuat jalan lanjutan, sehingga diperkirakan akan satu paket  dengan panambahan Lampu PJU.

“Untuk tahun ini, dari pusat bersamaan dengan pembuatan jalan lanjutan diteruskan. Kelihatannya ada penambahan PJU (satu paket) dengan jalan,” lanjutnya.

baca juga: Ratusan PJU akan Dipasang di 12 Kecamatan Tuban, Nilainya Rp6,9 Milyar

Lebih lanjut, dengan terpasangnya puluhan lampu PJU tersebut, maka pria ramah ini berharap jika faslitas lampu jalan yang diberikan oleh Pemkab ini, dapat mengurangi angka kecelakaan di Kabupaten Tuban. Serta dapat menumbuh kembangkan ekonomi masyarakat setempat.

“Harapannya bisa menambah kenyamanan di jalan raya, mengurangi angka kecelakaan, dan bisa menumbuh kembangkan perekonomian di sepanjang jalan yang dilalui,” imbuhnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS