Mahasiswa IAINU Tuban Produksi Mainan Edukatif untuk Anak Usia Dini

Reporter :  Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Salah seorang mahasiswa IAINU Tuban menggeluti usaha pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE). Hal ini berawal dari tugas kuliah hingga ia berhasil berwirausaha APE.

Aisyah Amatul Qayyum, masih berstatus mahasiswa semester 3 ini mengaku menjalani usaha APE ini tanpa sengaja. Pada tahun 2021, ia pertama mmebuat APE untuk memenuhi tugas mata kuliah.

Sebaga mahasisa semester pertama pada tahun 2021, ia diharuskan membuat suatu seminar atau pelatihan yang melibatkan sekelompok masyarakat. Alhasil tercetuslah ide untuk membuat APE.

“Saat itu saya dan teman-teman mendapatkan tugas UAS mata kuliah kewirausahaan, di mana kita saat itu kita mengundang Guru RA se-Kecamatan Tuban. Nah ketika pelatihan berlangsung produk yang kita buat yaitu APE jenis montessori,” ujar Aisyah kepada blokTuban.com, Rabu (7/12/2022).

Melihat progres yang bagus, lantas Kaprodi dari kelompok Ais, sapaan akrapnya menyukai produk yang dibuat dan menawari untuk mengembangkan potensi yang di capai. Dari situ mereka berusaha berpikir apa yang bisa dibuat untuk memperbanyak APE untuk kemudian dipasarkan.

“Dengan berbagai pertimbangan dan juga dukungan dari pihak kampus khususnya Kaprodi kita dan akhirnya kita membuat produk APE lainnya seperti busybook dan lain-lainnya,” ujarnya.

Sampai saat ini sudah ada 5 jenis APE yang telah diproduksi. Saat itu sasaran pasarnya adalah lembaga-lembaga PAUD dan juga orang tua yang menginginkan anaknya lebih semnagat belajar pastinya. Kendati demikian jika ada yang tertarik Ais tak menutup pintu bagi siapaun yang berminat membelinya.

Untuk harga produk APE buatan Ais dan teman-temannya ini sendiri menyesuaikan keinginan pembeli. Berkisar Rp50.000 pembeli bisa request dan semakin harga mahal semakin banyak dan bagus pembelajarannya.

Prisip dari Ais dalam menjalani bisnis ini ialah kepuasan pelanggan yaitu salah satunya dengan cara bisa request pembelajaran seperti apa yang diminta. Selain itu harga yang terjangkau dan bisa request 

Inilah yang membedakan produk dari Ais dan teman-temannya dibandingkan produk yang dijual di pasaran. APE dari teman-teman IAINU ini dijual lewat instagram resmi yaitu @piaud21_iainu.

"Jika berminat silahkan DM akun kami. Tetapi kami juga menerima pesanan lewat Whatsapp jika memang pemesan tidak mempunyai instagram, bisa melalui nomor +62 858-5861-9954," tutupnya.[Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS